Ratusan Tank Rusia Keok di Ukraina, Pakar: Desainnya Cacat

Ratusan Tank Rusia Keok di Ukraina, Pakar: Desainnya Cacat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 06:40 WIB
Bangkai tank Rusia di jalanan Ukraina
Bangkai tank Rusia di jalanan Ukraina. Foto: Associated Press
Jakarta -

Ukraina dan pakar militer menyebut Rusia telah kehilangan ratusan tank sejauh ini. Tersebar di media sosial bagaimana tank milik Rusia rusak dan teronggok di jalanan Ukraina. Apa penyebab tank Rusia seakan menjadi sasaran empuk?

Memang Ukraina mendapatkan bantuan rudal canggih anti tank, terutama dari Amerika Serikat dan Inggris. Rudal seperti Javelin mampu merusak tank Rusia dengan efektif.

Akan tetapi disinyalir ada faktor selain itu. Seperti dikutip detikINET dari CNN, pengamat militer menyebut kemungkinan ada isu teknis yang ada di desain tank Rusia.

Kabarnya, militer negara barat sudah lama mengetahui bahwa tank rusia punya kelemahan dalam rancangannya sehingga rentan terbakar dan meledak.

Tank Rusia umumnya menyimpan amunisinya di bagian kubahnya, tempat di mana kru juga berada di sana, biasanya dua tentara. Nah, jika tank itu terkena rudal, amunisi yang berada di kubahnya itu sangat rentan meledak.

Bahkan meskipun rudalnya mengenai bagian lain, tetap bisa merembet ke kubah itu dan meledakkan keseluruhannya.

"Apa yang kita saksikan di tank Rusia adalah cacat desain. Tembakan yang sukses, dengan cepat memicu api dan menyebabkan ledakan masif dan kubah itu hancur," kata Sam Bendett, penasihat Russia Studies Program.

Dengan demikian, tank itu bisa hancur dan kru di dalamnya pun tewas. Nicholas Drummond selaku analis industri pertahanan dan mantan tentara Inggris, menyebut bahwa jika kru tidak segera keluar saat tank tertembak, mereka akan tewas dengan cepat.

Halaman selanjutnya, nasib kru tank Rusia>>>