Zonk! 4 Robot yang Ternyata Cuma Manusia Berkostum, Capek Deh

Zonk! 4 Robot yang Ternyata Cuma Manusia Berkostum, Capek Deh

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 10 Mei 2022 14:26 WIB
British Pathé
4 Robot yang Ternyata Cuma Manusia Berkostum, Capek Deh (Foto: British Pathé)
Jakarta -

Kemajuan teknologi mendorong terciptanya semakin banyak hal baru, salah satunya robot. Robot yang digerakkan oleh mesin bisa membantu manusia mengerjakan banyak hal, tetapi membuat robot tidaklah mudah.

Karena itu, ada trik marketing yang mengatasnamakan penemuan robot padahal itu adalah manusia berkostum. Berikut ini di antaranya mengutip dari Gizmodo, Selasa (10/5/2022):

1. Rupert the Robot

Rupert the Robot dibuat oleh Albert Creuziger. Robot palsu ini menunjukkan kemampuannya di Savoy Hotel, London, pada 12 Januari 1938.

Di demonstrasinya, Rupert bisa merokok, menuang minuman, memakai topi, dan bahkan bisa mengantar seseorang berkeliling dengan kendaraan. Tetapi, Rupert sebenarnya hanyalah pria dengan riasan wajah.

2. Roberta the Robot

Pada 17 Mei 1965, pejalan kaki di New York dikejutkan dengan 'robot' yang berpakaian seperti wanita di dalam sebuah kotak. Di luar, orang-orang bisa bertanya soal produk dari department store E.J Korvette.

Sayangnya ia bukan robot, ia hanyalah manusia yang didandani seperti robot.

3. Miss Honeywell

1968, British Pathé menyebut Miss Honeywell sebagai robot wanita pertama di dunia. Honeywell memiliki warna biru dan hitam -- yang jika dilihat sekarang pun nampak tidak meyakinkan.

[Gambas:Youtube]

4. The Tin Man

Di Streatham, London Selatan, pada 31 Januari 1934, nampak sebuah robot gadungan yang berpakaian unik. Tidak tahu tujuannya apa, namun dipercaya hanya untuk menarik perhatian warga saat itu.



Simak Video "Swiss Ciptakan Robot Unik Multifungsi Beroda Empat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)