Asyik, Browser Bawaan Windows 11 Kini Punya VPN Gratis

Asyik, Browser Bawaan Windows 11 Kini Punya VPN Gratis

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 02 Mei 2022 15:20 WIB
Microsoft Edge
Foto: screenshot
Jakarta -

Microsoft tengah menjajal fitur baru untuk browser Edge yang bernama Secure Network, yang pada dasarnya adalah layanan VPN dari Cloudflare, dan tersedia secara gratis.

Penambahan fitur VPN ini membuat Edge semakin kaya fitur, yang membuat browser tersebut semakin mumpuni terutama sejak menggunakan basis dari Chromium sejak 2019. Bahkan, pangsa pasarnya sudah menyalip Safari dan menjadi browser terpopuler kedua.

Kehadiran fitur VPN ini diketahui dari laman dukungan, di mana Microsoft menjelaskan fitur baru yang akan hadir ke Edge tersebut. Microsoft memang tak menyebut Secure Network ini sebagai VPN, namun yang jelas akan menjadi keunggulan mereka dibanding Chrome.

Microsoft mengklaim fitur tersebut akan melindungi penggunanya dari pemantauan dengan mengenkripsi lalu lintas data, juga melindungi lokasi pengguna dengan menyamarkan alamat IP pengguna.

Untuk bisa memakai layanan ini, pengguna harus login menggunakan akun Microsoft di Edge. Dengan begitu, pengguna mendapat kuota data gratis sebanyak 1 GB. Ya, hanya 1 GB.

Sejauh ini Microsoft tak menyebutkan apakah nantinya akan ada opsi untuk membayar biaya bulan agar mendapat kuota lebih besar atau mungkin tanpa batas, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (2/5/2022).

Di sisi lain, Cloudflare mengklaim mereka tak akan menyimpan ataupun menjual data pengguna apa pun, dan akan menghapus semua data terkait sesi browsing pengguna dalam jangka waktu 25 jam setelah dipakai.

Sejauh ini Secure Network belum tersedia untuk publik, namun kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat di Edge Canary atau Dev.

Oh ya, sebagai informasi, kehadiran VPN di browser ini sama sekali bukan hal baru. Opera sudah menyediakan VPN di browser sejak 2016 lalu.



Simak Video "AHY Gelar Safari Ramadan di Jateng: Ziarah Makam-Kunjungi Ponpes"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)