Gagal Mudik karena Kehabisan Tiket? Ini Tips Mudik Virtual yang Seru

Gagal Mudik karena Kehabisan Tiket? Ini Tips Mudik Virtual yang Seru

Sponsored - detikInet
Kamis, 28 Apr 2022 21:05 WIB
Logitech
Foto: Dok. Logitech
Jakarta -

Mudik menjadi salah satu tradisi jelang hari Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu oleh perantau yang jauh dari kampung halaman. Namun, tak jarang banyak pemudik yang kehabisan tiket dan terpaksa tidak bisa mudik.

Bagi kamu yang mengalami hal itu tidak perlu khawatir. Kamu bisa tetap merasakan suasana Lebaran dengan berkumpul dengan teman atau saudara terdekat. Bahkan jika kamu ingin benar-benar merasakan suasana kampung halaman, kamu bisa melakukan mudik virtual agar bisa menyapa keluarga di rumah.

Kamu tetap bisa mengobati kerinduan akan kampung halaman dengan platform panggilan video online seperti zoom, google meet, hangouts, dan lain-lain. Berikut ini beberapa tips untuk mudik virtual, untuk kamu yang gagal mudik karena kehabisan tiket.

7 Tips Mudik Virtual Seru dengan Suasana Kampung Halaman

1. Pilih Background dengan Suasana Kampung Halaman

Sebelum melakukan mudik virtual, kamu bisa menyiapkan latar belakang video dengan suasana kampung halaman terlebih dahulu. Caranya kamu bisa meminta keluarga di kampung halaman untuk mengirimkan beberapa foto dengan suasana rumah. Misalnya suasana ruang tamu, tempat makan, masjid dekat rumah, atau jalanan yang ramai akan sanak saudara.

2. Putar Lagu-lagu Religi Bertema Lebaran

Mudik virtual akan lebih terasa jika ada suasana ramai yang terdengar. Kamu bisa memutar lagu-lagu religi bernuansa Lebaran atau latar suara dengan suasana keramaian kampung.

Untuk menambah suasana Lebaran, kamu juga bisa mendengarkan alunan takbir.

LogitechFoto: Dok. Logitech

3. Gunakan Kamera dengan Gambar yang Jernih

Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah peralatan mudik virtual yang akan digunakan. Salah satunya dengan memilih kamera webcam dengan kualitas resolusi tinggi. Hal ini bertujuan agar kamu bisa merasakan suasana Lebaran di kampung halaman secara virtual dengan pengalaman terbaik.

Kamu bisa menggunakan C920 HD PRO WEBCAM untuk mudik virtual. Kamera Logitech C920 menghadirkan video Full HD (1080p pada 30fps) dengan lensa kaca Full HD. Lensa kaca dengan lima elemen Full HD dan autofocus premium dari Logitech C920 ini bisa menangkap gambar dengan jelas dan sangat tajam dalam setiap panggilan video.

4. Pilih Pencahayaan yang Optimal

Untuk menunjang tampilan gambar saat mudik virtual, kamu bisa menggunakan fitur C920 yang dilengkapi automatic HD light correction. Fitur ini menggunakan teknologi RightLightTM 2 dari Logitech untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan sehingga menghasilkan gambar yang terang dan kontras, bahkan jika berada dalam kondisi pencahayaan yang minim.

LogitechFoto: Dok. Logitech

5. Atur Kamera agar Bisa Memuat Banyak Orang

Agar bisa menyapa keluarga besar di kampung halaman, ada baiknya kamu mengatur kamera agar bisa memuat banyak orang. Caranya kamu bisa memanfaatkan fitur wide angle pada Logitech C920.

Menariknya, Logitech C920 juga memiliki bidang pandang diagonal 78° sehingga bisa menyorot kamu dan ruangan dengan sempurna. Tentu hal ini akan lebih menyemarakkan suasana Lebaran saat mudik virtual.

6. Pastikan Microphone Jernih

Tak lengkap bila silaturahmi tanpa adanya obrolan hangat. Saat mudik virtual, pastika kamu menggunakan microphone terbaik agar tidak terputus saat sedang berbicara dengan keluarga.

Untuk bisa menghasilkan suara yang jernih kamu bisa memanfaatkan fitur Dual-Mic Stereo Audio Logitech C920.

Dilengkapi dua mikrofon, masing-masing di samping kamera, fitur ini sanggup menangkap audio yang lebih realistis dari beraneka ragam sudut sehingga suara terdengar alami dan jelas dalam video.

7. Capture Momen Lebaran

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat mudik termasuk mudik virtual adalah mengabadikan momen dengan berfoto. Meski virtual, kamu tetap bisa mendapatkan gambar terbaik dengan mudah. Dengan salah satu fitur Logitech C920 misalnya. Kamu bisa dengan mudah ciptakan, rekam, dan kustomisasi momen Lebaran yang kamu mau.

Serangkaian fitur Logitech C920 memungkinkan untuk sepenuhnya mengedit dan mengkustomisasi panggilan video sehingga kamu bisa menambahkan transisi dan tampilan teks, mengkustomisasi pengaturan webcam, dan masih banyak lagi.

Soal hasil tidak perlu diragukan lagi karena Logitech C920 memiliki kualitas gambar 1080p/30fps atau 720p/30fps dan dilengkapi lensa kaca yang bisa menangkap gambar sangat tajam dan warna yang jelas.

Jadi bagaimana, sudah siap mudik virtual tahun 2022 dengan seru? Klik di sini untuk pengalaman mudik virtual terbaik.

(Content Promotion/Logitech)