Aneka Ramalan Bill Gates di Tahun 1994 yang Jadi Kenyataan

Aneka Ramalan Bill Gates di Tahun 1994 yang Jadi Kenyataan

ADVERTISEMENT

Aneka Ramalan Bill Gates di Tahun 1994 yang Jadi Kenyataan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 28 Apr 2022 05:45 WIB
FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the
Ramalan-ramalan Bill Gates di Tahun 1994 yang Jadi Kenyataan (Foto: AP/Samuel Habtab)
Jakarta -

Bill Gates memberikan sejumlah ramalan di tahun 1994 soal teknologi masa depan. Kebanyakan menjadi kenyataan. Ramalan ini ia sampaikan pada presentasi 14 November 1994 di COMDEX trade show.

Pertama-tama, ada perangkat mobile yang ia sebut dengan 'Wallet PC' yang mana bisa memudahkan pengguna menerima pesan dan pembayaran tanpa kontak via infrared. Walaupun kedengarannya agak aneh memakai 'infrared', tetapi istilah ini mirip dengan near-field communication (NFC) yang kita kenal sekarang.

"Ini benar-benar mampu menggantikan semua yang Anda bawa dan banyak lagi," katanya saat itu.

"Jadi menerima pesan, melihat berita terbaru, melihat lokasi berbeda, melacak jadwal Anda, menyimpan ratusan foto anak-anak Anda di sana, semua itu bisa dilakukan dengan mudah dengan teknologi semacam ini," lanjut Bill Gates.

[Gambas:Youtube]


Tak hanya itu, Bill Gates juga meramalkan adanya peta yang bisa memandu orang mencari toko, hotel, restoran dan tempat lainnya.

Dari video yang ada dalam presentasi itu, nampak juga sebuah adegan di latar rumah, seorang wanita membolak-balik antara episode David Letterman dan Oprah Winfrey sesukanya, alih-alih bergantung pada jadwal saluran TV. Ini sesuatu yang kita semua anggap biasa hari ini yang kita sebut video on demand dan layanan over the top, tapi tidak pada zaman tersebut yang semua bergantung pada jadwal siaran dari saluran TV.

Wanita yang ditampilkan dalam film mini itu juga bercanda tentang membiarkan sandalnya karena dia sedang melakukan panggilan konferensi dan tidak ada yang akan melihat bagian bawahnya. Kebiasaan yang sekarang banyak dilakukan orang yang work from home (WFH).

"Anda tidak lagi terikat pada jadwal tertentu di mana acara itu ditayangkan. Apa pun yang ingin Anda lakukan, Anda yang memegang kendali," tandas Bill Gates, melansir Fast Company, Kamis (28/4/2022).



Simak Video "Momen Pertemuan Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Bill Gates"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT