Meta Uji Coba Jual Beli di Metaverse, Kreator Bisa Dapat Cuan

ADVERTISEMENT

Meta Uji Coba Jual Beli di Metaverse, Kreator Bisa Dapat Cuan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 04:05 WIB
Meta uji coba jual beli di metaverse
Meta Uji Coba Jual Beli di Metaverse, Kreator Bisa Dapat Cuan Foto: dok. Meta
Jakarta -

Meta mulai mewujudkan potensi metaverse sebagai tempat jual beli online. Mereka sedang menguji coba cara untuk belanja dan mendapatkan uang di platform virtual reality (VR) Horizon Worlds.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan perusahaannya sedang menguji coba tools baru yang memungkinkan kreator untuk menjual aset dan pengalaman virtual di dalam dunia yang mereka ciptakan di Horizon Worlds.

"Kami mulai menggulirkan ini hanya dengan segelintir kreator konten dan kami akan melihat bagaimana kelanjutannya tapi saya membayangkan bahwa dari waktu ke waktu kami akan menggulirkannya lebih banyak lagi," kata Zuckerberg dalam postingan blog-nya, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (14/4/2022).

Jenis produk yang bisa dijual oleh kreator di metaverse beragam, mulai dari benda virtual seperti aksesoris atau skin khusus, sampai akses VIP berbayar untuk dunia ciptaan mereka.

Horizon Worlds sendiri merupakan dunia virtual yang bisa diakses menggunakan headset Oculus VR di AS dan Kanada. Sejauh ini Horizon Worlds belum mendukung jual beli aset digital, tapi Meta sepertinya menyadari besarnya potensi cuan di metaverse yang diprediksi mencapai USD 8-13 triliun pada 2030.

"Metaverse -- pada dasarnya tidak dibatasi oleh ruang fisik -- akan membawa tingkat kreativitas baru dan membuka kesempatan baru bagi kreator dan bisnis generasi selanjutnya untuk mengejar hasrat mereka dan menciptakan mata pencaharian," kata Meta.

Sama seperti jual beli di toko aplikasi, Meta akan mengambil komisi dari setiap item virtual yang dijual oleh kreator. Untuk setiap item yang terjual di Horizon Worlds, Meta akan mengambil komisi sebesar 30% via platform Oculus, dan 25% dari sisanya akan diambil oleh Meta App Store.

Selain jual beli aset digital, beberapa kreator di AS juga berkesempatan untuk mendapatkan bayaran dari Meta atas ciptaannya. Kreator berhak menerima bonus setelah membangun dunia virtual yang paling banyak menarik pengunjung untuk menghabiskan waktu mereka.

Meta sendiri telah meluncurkan Horizon Creators Fund sebesar USD 10 juta pada Oktober lalu, tapi tidak diketahui berapa yang dianggarkan untuk membayar kreator atau berapa banyak yang bisa mereka bawa pulang.

"Monetisasi kreator sangat penting karena kalian semua perlu mendukung diri sendiri dan mencari nafkah dengan membangun pengalaman luar biasa yang dapat dirasakan orang-orang ini," ujar Zuckerberg.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT