Demo Mahasiswa Pindah ke DPR, Jangan Salah Alamat Ya...

Demo Mahasiswa Pindah ke DPR, Jangan Salah Alamat Ya...

Tim - detikInet
Senin, 11 Apr 2022 11:29 WIB
Situasi di depan DPR RI (Wilda-detikcom)
Foto: Situasi di depan DPR RI jelang demo mahasiswa (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Demo mahasiswa pada 11 April 2022 menjadi perhatian publik di lini masa Twitter. Pindahnya lokasi aksi dan perubahan tuntutan jadi perbincangan yang menarik.

Seperti diketahui, ada kejutan di detik-detik akhir menjelang demo 11 April yang diinisiasi Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). BEM SI tiba-tiba mengubah lokasi demo yang rencananya di dekat Istana Negara, digeser ke depan Gedung MPR/DPR/DPD, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Perubahan lokasi demo 11 April tentu sarat akan politik. Awalnya, tuntutan utama mahasiswa adalah meminta Presiden Jokowi bersikap tegas menolak penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan ataupun 3 periode. Sejumlah politikus hingga aktivis mendukung aksi itu.

Namun, muncul video dari Presiden Jokowi soal kepastian Pemilu 2024 digelar 14 Februari yang mengubah semuanya. Terlebih, dalam video Jokowi mengaku tak ingin ada spekulasi-spekulasi yang menyebut pemerintah memang ingin menunda pemilu, memperpanjang masa jabatannya atau bahkan 3 periode.

Tuntutan dalam aksi pun berubah yang tadinya membidik presiden, jadinya membidik para wakil rakyat. Meskipun ada perubahan lokasi dan tuntutan mahasiswa, aksi ini tetap membetot perhatian publik.

Dipantau detikINET, Senin (11/4/2022) hampir semua trending topic Twitter di Indonesia terkait dengan aksi ini. Paling atas ada #AksiNasional114 dengan 11 ribu tweet, lalu Gedung DPR dengan 4.610 tweet, dan #Rakyat_Bergerak dengan 1.229 tweet.

Di bawah itu ada BEM SI dengan 25.700 tweet, Demo 139 ribu tweet, 3 Periode 22.400 tweet dan PDIP dengan 6.335 tweet. Ada juga Istana dengan 21.300 tweet serta BEM Nusantara dengan 6.976 tweet.

Netizen mengomentari soal kepindahan lokasi aksi dan reaksi mereka. Mereka bilang tuntutan mahasiswa lebih cocok disampaikan di DPR yang memegang konstitusi.

Sebagian publik juga menilai aksi mahasiswa rentan disusupi, sehingga memindahkan lokasi adalah langkah yang tepat dari mahasiswa. Tidak lupa juga ada candaan, jangan sampai salah lokasi demo karena sudah pindah dari Istana ke DPR.

Inilah sebagian reaksi netizen Indonesia di Twitter:

"Mahasiswa memindahkan demonya ke gedung DPR. baguslah. mereka ngga mau aksi dikotori dengan agenda busuk alumni 212 yg ingin jokowi turun. Kita dukung kalau mahasiswa demo ke DPR/MPR menolak 3 periode, perpanjangan jabatan dan penundaan pemilu. Memang di sana kewenangannya," kata @winner***.

"Langkah yang tepat diambil mahasiswa di detik detik terahir memindahkan titik demo ke gedung DPR. Mahasiswa sudah membaca situasi ada sekelompok orang yang ingin menyusup dengan tujuan lain," komentar @didi***.

"Sampai bertemu di gedung DPR hari ini ehe #MahasiswaBergerak," kata @sweet***.

"Akan jd saksi perjuangan lagikah gedung DPR? #AksiNasional114 #AksiNasional114," tanya @febriyani***

"Bang, pindah ke gedung DPR, udah tau belum? Salah nanti," celetuk @ashaf***.

Benar juga sih cuitan yang terakhir itu. Karena, nampaknya sebagian netizen kurang update soal pemindahan lokasi aksi ini. Mereka masih mencuit soal aksi di Istana.

"Aksi Geruduk Istana!! #DukungMahasiswaBergerak #DukungMahasiswaBergerak," kata @e_hermawa***

"Hari ini Jokowi akan diuji dengan demo besar besaran oleh mahasiswa. Beranikah Jokowi menemui Mahasiswa? #DukungMahasiswaBergerak
#DukungMahasiswaBergerak," kata @kutulumpu***.



Simak Video "Viral di Medsos Sederet Spanduk Demo 11 April yang Dinilai Tak Pantas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)