Video Ilusi Optik Viral, Bikin Mata Berhalusinasi

ADVERTISEMENT

Video Ilusi Optik Viral, Bikin Mata Berhalusinasi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 10 Apr 2022 16:27 WIB
Ilusi Optik dengan efek seperti Halusinasi
Foto: (Screenshot Youtube/DrDIYhax)
Jakarta -

Sebuah video ilusi optik sedang menjadi viral di Inggris dan Australia. Usai menonton video ini, semua yang dilihat mata akan bergoyang. Hati-hati ya menontonnya.

Video viral ini dari Youtuber dengan akun DrDIYhax dan bertajuk ACID Type Visual Hallucination Optical Illusion #2. Video Youtube ini diposting sejak 1 April 2022. Kini, video ini sudah ditonton sebanyak 39.769 kali.

Video ini cuma berdurasi 1 menit 41 detik. Isi videonya pun cuma sebuah titik hijau dan penonton diminta menatap titik itu. Sementara gambar latarnya adalah garis-garis merah yang bergerak dari sisi kanan ke kiri.

Apa yang terjadi setelah menonton video ini? Begitu mata kita menatap kemanapun, semua tampak bergoyang seperti sedang dalam kondisi berhalusinasi. Untungnya, itu cuma sementara saja.

Mau mencoba menontonnya? Peringatan! Pastikan Anda dalam posisi santai dan duduk, bukan sedang berdiri, berjalan kaki atau di kendaraan, demi keamanan diri.

[Gambas:Youtube]

Kok bisa begitu ya? Video viral ini pun jadi pemberitaan media Inggris The Sun dan media Australia News.com.au.

Dilansir dari News.com.au, Minggu (10/4/2022) ada penjelasan ilmiahnya. Efek halusinasi terjadi karena terganggunya informasi yang dilihat mata dan yang diterima otak.

Mata menerima objek bergerak selama beberapa waktu. Akibatnya, ketika mata sudah dialihkan ke objek yang diam, otak mengira masih menerima kondisi bergerak.

Dalam komentar netizen di YouTube, mereka yang pernah memakai narkoba mengatakan seperti inilah halusinasi yang mereka rasakan dalam pengaruh obat terlarang. Mereka pun mengatakan video ini keren.

Hmmm, bagaimana menurut Anda detikers? Bisa dicoba nih buat iseng-iseng ngabuburit.



Simak Video "Narsis Bersama Tipuan Mata di Museum Gambar Tiga Dimensi Jogjakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/jsn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT