Elon Musk: Manusia Bisa Download Otaknya ke Robot

Elon Musk: Manusia Bisa Download Otaknya ke Robot

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 09 Apr 2022 22:15 WIB
NEW YORK, NY - JUNE 21:  Will Ferrell visits Build Studios to discuss their new movie
Elon Musk. Foto: GettyImages
Jakarta -

Elon Musk gemar membicarakan hal-hal fantastis, termasuk soal masa depan. Terbaru, pemimpin SpaceX dan Tesla ini yakin pada akhirnya nanti, manusia bisa hidup selamanya. Bagaimana caranya?

Hidup selamanya versi Elon Musk bukan berarti manusia akan terus berada di kondisinya, melainkan dapat download otaknya ke robot.

"Kupikir hal itu mungkin. Ya, kita bisa download hal-hal yang kita yakini membuat diri kita sangat unik," kata pria kelahiran Afrika Selatan ini, seperti dikutip detikiNET dari CNBC.

"Sekarang, tentu saja, kalian tidak berada di tubuh kalian lagi. Tentu saja itu akan menjadi perbedaan, akan tetapi mengenai mempertahankan memori kita, kepribadian kita, kukira kita bisa melakukannya," demikian keyakinannya.

Dengan demikian, perangkat gagdet akan benar-benar menjadi seperti kepanjangan manusia. "Memori kita disimpan di komputer dan ponsel kita dengan gambar dan video," papar Elon Musk.

"Komputer dan ponsel akan mengamplifikasikan kemampuan kita untuk berkomunikasi, memungkinkan kita melakukan hal-hal yang kita anggap magis. Kita sebenarnya telah mengamplifikasikan otak manusia kita secara masif dengan komputer," kata dia lagi.

Saat ini, tentu perkataan Elon Musk itu masih sebatas teori. Memang Musk sangat getol mencoba menghubungkan manusia dengan komputer. Malah, Neuralink, startup chip otak besutannya selangkah lagi akan memulai uji klinis manusia. Mereka membuka lowongan kerja untuk posisi direktur uji klinis yang akan memimpin proyek ambisius itu.

Sejak diluncurkan tahun 2017, Neuralink sudah mendemonstrasikan implan otak di babi dan monyet, termasuk eksperimen ke seekor kera yang mampu memainkan game Pong hanya dengan menggunakan pikiran. Jika sudah ditanam di otak manusia, Elon Musk mengatakan chip ini bisa membantu orang lumpuh mengendalikan ponsel dengan otak bahkan bisa berjalan kembali.



Simak Video "Elon Musk Sindir TikTok Menghancurkan Peradaban"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)