Mantan Istri Jeff Bezos Sumbang Rp 54 Triliun Dalam 9 Bulan

Mantan Istri Jeff Bezos Sumbang Rp 54 Triliun Dalam 9 Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 24 Mar 2022 16:56 WIB
MacKenzie Scott
Mantan Istri Jeff Bezos Sumbangkan Rp 54 Triliun dalam 9 Bulan Foto: Getty Images
Jakarta -

Mantan istri Jeff Bezos, Mackenzie Scott, mengumumkan bahwa ia telah menyumbangkan lebih dari USD 3,8 miliar (Rp 54 triliun) kepada 465 organisasi. Donasi ini dibuatnya dalam rentang waktu sembilan bulan terakhir.

Dalam postingan blognya di Medium, Scott mengatakan donasinya ditujukan untuk berbagai organisasi nirlaba. Tapi ia menekankan bahwa timnya fokus untuk mendukung organisasi yang membantu suara-suara yang belum terwakilkan.

"Fokus tim kami selama sembilan bulan terakhir telah mencakup beberapa area baru, tapi seperti biasa, tujuan kami adalah untuk mendukung kebutuhan orang-orang yang kurang terwakili dari semua kelompok," tulis Mackenzie, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (24/3/2022).

Belum lama ini, Scott menyumbangkan donasi terbesarnya sebesar USD 436 juta kepada Habitat for Humanity, dan USD 133,5 juta untuk organisasi pendidikan Communities in School.

Dibandingkan miliarder filantropis lainnya, Scott memiliki pendekatan yang sedikit berbeda karena sering mengucurkan donasi miliaran dolar secara tiba-tiba. Berdasarkan data Forbes, sejauh ini Scott sudah menyumbangkan lebih dari USD 12 miliar dalam empat tahap.

Scott menjadi salah satu perempuan terkaya di dunia setelah bercerai dari Bezos pada tahun 2019. Saat itu Bezos merupakan orang terkaya di dunia, dan kini pendiri Amazon itu turun ke peringkat dua di bawah Elon Musk.

Dari kesepakatan perceraian, Scott mendapatkan saham Amazon sebesar 4%. Jumlah kekayaannya saat ini ditaksir mencapai USD 55 miliar berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index.

Pada tahun 2019, Scott bergabung dengan The Giving Pledge dan berkomitmen menyumbangkan setengah dari kekayaannya kepada yayasan amal. The Giving Pledge merupakan komitmen yang dimulai oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates pada tahun 2010 untuk mendorong miliarder dunia membagikan kekayaannya kepada yang membutuhkan.

Setelah bercerai dari Jeff Bezos, Mackenzie Scott menikahi Dan Jewett, seorang guru sains dari Seattle. Pada Maret tahun lalu, Jewett mengikuti jejak istrinya dan bergabung dengan The Giving Pledge.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)