Kisah Pilot Drone Elit Ukraina yang Hancurkan Tank Rusia

Kisah Pilot Drone Elit Ukraina yang Hancurkan Tank Rusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 20 Mar 2022 05:49 WIB
Bayraktar TB2
Drone tempur Bayraktar TB2 buatan Turki. Foto: Bayraktar
Jakarta -

Drone tempur seperti Bayraktar TB2, disebut sangat membantu Ukraina untuk memperlambat laju militer Rusia yang menginvasi negaranya. Terlebih rupanya ada pasukan pilot khusus drone yang mengoperasikannya.

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, kelompok penerbang drone elit itu disebut sebagai Aerorozvidka. Mereka mengoperasikan drone tempur dan mengincar konvoi militer Rusia, terutama dengan Bayraktar TB2 yang diproduksi oleh Turki.

Biasanya mereka beroperasi di malam hari ketika tentara Rusia tengah beristirahat di kendaraan beratnya. Pada saat itulah, drone itu menyerang tank Rusia, truk pembawa logistik dan juga target lainnya.

"Tentara Rusia diam pada waktu malam tiba. Ketakutan mereka terhadap serangan Ukraina memaksa mereka menyembunyikan tank mereka di pedesaan, di antara rumah-rumah, karena tidak bisa ditembak artileri kami terkait ketakutan mengorbankan rakyat sipil," kata salah satu anggota grup tersebut.

Untuk itulah drone tempur dikerahkan menyerang mereka secara efektif. Pilot drone Ukraina menyebut perangkat terbang ini sukar dilihat di kegelapan malam, bahkan mustahil. Maka, drone bisa mendekat pada target dan menembak secara presisi.

Kelompok Aerorozvidka itu kabarnya terdiri dari 50 orang pilot. Selain drone Bayraktar TB2, mereka tampaknya segera dapat mengoperasikan drone baru dari bantuan Amerika Serikat.

Pemerintahan Joe Biden telah mengumumkan mengirimkan 100 drone taktis ke Ukraina. Kemungkinan drone yang dimaksud adalah Switchblade 300 dan 600 yang sering disebut sebagai drone bunuh diri.

Pasalnya, drone Switchblade yang dibekali dengan hulu ledak itu, menghancurkan sasaran dengan cara menabraknya, bukan dengan menembak. Perjuangan Ukraina untuk tetap bertahan dari gempuran Rusia pun memiliki amunisi baru.

Simak Video 'Tank Rusia Dihancurkan Tentara Ukraina di Mariupol':

[Gambas:Video 20detik]



(fyk/rns)