Biar Traffic Website Naik, Gempur Iklan atau SEO Dulu?

Biar Traffic Website Naik, Gempur Iklan atau SEO Dulu?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 16 Mar 2022 19:30 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 16:  A man uses his smartphone on July 16, 2014 in Tokyo, Japan. Only 53.5% of Japanese owned smartphones in March, according to a white paper released by the Ministry of Communications on July 15, 2014. The survey of a thousand participants each from Japan, the U.S., Britain, France, South Korea and Singapore, demonstrated that Japan had the fewest rate of the six; Singapore had the highest at 93.1%, followed by South Korea at 88.7%, UK at 80%, and France at 71.6%, and U.S. at 69.6% in the U.S. On the other hand, Japan had the highest percentage of regular mobile phone owners with 28.7%.  (Photo by Atsushi Tomura/Getty Images)
Ilustrasi. Foto: Atsushi Tomura/Getty Images
Jakarta -

Ketika mengembangkan sebuah website, banyak orang yang kebingungan untuk melakukan langkah pertama dalam marketing. Sebaiknya, iklan dulu atau menggiatkan SEO?

"Jawaban idealnya, keduanya bisa berjalan dan keduanya harus berjalan," tegas Ilman Akbar trainer & consultant SEO kepada detikINET. Sebab, baik iklan maupun SEO merupakan dua senjata berbeda yang digunakan untuk tujuan berbeda pula.

Ketika mengandalkan satu hal saja, maka hasil yang didapatkan cenderung tidak maksimal. Akan tetapi, kalau untuk bisnis awal, Ilman menganjurkan untuk menjalankan iklan terlebih dahulu yang kemudian diikuti penguatan SEO. Memangnya mengapa?

"Kita sebaiknya kita beli ads untuk muterin modal. Tapi kalau bergantung dengan ads doang, lama-lama makin mahal dan kalau kita stop maka traffic-nya hilang, kita tidak punya pembeli karena bergantung sama iklan doang. Makanya, setelah mulai ads dan stabil muter uangnya, baru kita invest di SEO," ucap dia di sela acara SEOCon Jakarta 2022, Rabu (16/2/2022).

SEO dijelaskan Ilman sebagai bentuk investasi karena hasilnya tidak didapatkan secara instan, butuh waktu beberapa bulan untuk melihat hasilnya. Setelah berkembang, SEO nantinya ini bisa menarik potential buyer datang ke website kita.

Jika dimanfaatkan seiring sejalan dengan iklan, selain lebih optimal, SEO juga bisa membantu meringankan biaya iklan yang tidaklah sedikit. Maka bisa dibilang bahwa kehadiran keduanya bisa saling melengkapi menjadi senjata pemasaran yang asyik.

"Ya kayak nabung dulu lah, baru investasi. Ada dana darurat, baru investasi ke yang lain-lain. Kalau ada modalnya sih ya jalan saja dua-duanya (SEO dan iklan-red)," Ilman mengakhiri pembicaraan.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Aktor Park Seo Joon Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)