Sudah Punya Medsos, Ini Jurus Sakti yang Kamu Mesti Tahu

Sudah Punya Medsos, Ini Jurus Sakti yang Kamu Mesti Tahu

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 09 Mar 2022 20:39 WIB
Ilustrasi Main HP
Sudah Punya Medsos, Ini Jurus Sakti yang Kamu Mesti Tahu (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Sudah punya akun media sosial bukan berarti sudah cukup. Kamu juga perlu belajar soal Search Engine Optimization (SEO) supaya bisnis atau citra yang kamu bangun bisa optimal.

Edy Budiman CEO Dewaweb Indonesia melihat semakin banyak adaptasi yang dilakukan orang-orang di dunia digital. Yang tadinya gaptek, kini sekadar untuk Zoom meeting sudah bukan hal susah. Menurutnya, bisnis pun harus dipaksa masuk digital karena jika tidak, berjualan menjadi susah.

"Media sosial itu bagus untuk awareness. Tapi dengan SEO, reputasi brand lebih baik," kata Edy dalam konferensi pers menyambut 'SEOCon Jakarta 2022: SEO for Perfomance', Kamis (9/2/2022).

"Begitu orang search Google, orang bisa nggak percaya kalau waktu dicari nggak ada (website). Website jelas, produk jelas, dan banyak review bisa meningkatkan kepercayaan konsumen," sambungnya.

SEO bekerja dengan organik di mana bisnis bisa cari informasinya di search engine seperti Google. Semua, referensi baik bagus atau sebaliknya ada di dalamnya. Karenanya, semua perlu dibangun dengan investasi dan belajar. SEO adalah hal baik untuk bisnis dalam jangka panjang.

Ryan Kristo Muljono Inisiator SEOCon Jakarta 2022 ikut menambahkan. Berdasarkan data, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya.

"Tahun 2020 itu ada yang menyebut pengguna internet 150 juta, lalu naik menjadi 180-220 juta di 2021. 2022 saya rasa sudah masuk 240 juta atau 80% penduduk masuk ke internet," ungkap Ryan optimis.

Media sosial menurut Ryan adalah tempat pertama yang biasanya akan dikunjungi. Namun ketika butuh sebuah informasi, mereka akan masuk search engine.

"Tahun depan ada search engine baru. Kalau bicara dunia SEO, kita kenal search engine Google. Tahun ini kita akan pakai search engine lain, yaitu dari market place," tuturnya.

Dengan begitu, ilmu SEO akan semakin berkembang seiring kemajuan dunia digital. Karenanya, jangan cuma puas mengandalkan medsos jika ingin bisnis makin maju ya, detikers.

SeoCon Jakarta 2022 akan hadir pada 16-18 Maret 2022 dan diisi oleh banyak narasumber yang ahli di bidangnya. Daftarkan diri di www.seocon.id untuk dapat ilmunya.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Interaksi Itu Penting!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)