Rilis iPhone SE 2022, Bos Apple Dinilai Diam-diam Dukung Ukraina

Rilis iPhone SE 2022, Bos Apple Dinilai Diam-diam Dukung Ukraina

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 09 Mar 2022 14:49 WIB
CEO Apple Tim Cook disebut memberi dukungan kepada Ukraina lewat pakaiannya
Luncurkan iPhone SE 2022, Bos Apple Diam-diam Beri Dukungan ke Ukraina Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Apple baru saja meluncurkan iPhone SE 2022 dan sederet perangkat lainnya semalam. Dalam event bertajuk 'Peek Performance' tersebut, pakaian yang dikenakan CEO Apple Tim Cook menjadi perhatian karena dianggap bentuk dukungannya terhadap Ukraina di tengah invasi Rusia.

Cook terlihat mengenakan atasan berwarna biru dan Apple Watch dengan tali berwarna kuning cerah. Kedua warna itu tampak mewakili warna bendera Ukraina.

Dalam presentasinya, Cook memang tidak berbicara langsung tentang apa yang terjadi di Ukraina. Tapi beberapa netizen melihat bahwa Cook mengirimkan sebuah pesan lewat pakaiannya.

"Baru menyadari #TimCook mengenakan sweater biru navy + Apple watch bertali kuning menunjukkan solidaritas dengan #Ukraine tanpa mengatakan apa-apa," kata pengguna Twitter @niravmistry, seperti dikutip dari Mashable, Rabu (9/3/2022).

Tidak diketahui apakah pakaian yang dikenakan Cook memang disengaja untuk menunjukkan dukungannya terhadap Ukraina. Tapi ini bukan pertama kalinya pria berkacamata ini menyuarakan solidaritasnya dengan warga Ukraina.

Beberapa waktu yang lalu, Cook lewat cuitannya di Twitter mengatakan bahwa Apple akan menawarkan bantuan untuk upaya kemanusiaan di Ukraina dan mendukung usaha perdamaian.

Penerus Steve Jobs ini juga mengirimkan email kepada karyawan Apple tentang invasi Rusia di Ukraina dan menjelaskan tindakan yang diambil perusahaan dalam menyikapi konflik ini. Dalam email itu, Cook mengatakan Apple akan menyamai donasi yang diberikan karyawan ke lembaga kemanusiaan sebesar dua banding satu.

Selain itu, Apple juga berhenti menjual produknya di Rusia dan membatasi sejumlah layanannya. Produsen iPhone ini juga menarik aplikasi RT dan Sputnik, dua media Rusia, dari App Store.



Simak Video "Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2022 di Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)