Drone Turki Bisa Hancurkan Konvoi Rusia Bikin Heran

ADVERTISEMENT

Drone Turki Bisa Hancurkan Konvoi Rusia Bikin Heran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 03 Mar 2022 16:29 WIB
Bayraktar TB2
Drone Bayraktar TB2. Foto: Bayraktar
Jakarta -

Drone Bayraktar TB2 buatan Turki sangat diandalkan oleh Ukraina dalam menghambat konvoi militer Rusia ke negaranya. Sejauh ini, drone canggih itu terbukti efektif dan menimbulkan pertanyaan, kok bisa Rusia tidak mampu menjinakkannya? Hal ini bikin heran beberapa pengamat.

Angkatan Udara Ukraina telah melakukan dua serangan pesawat tak berawak pada target Rusia menggunakan Bayraktar TB2 itu. Kedutaan Besar Ukraina merilis rekaman konvoi Rusia yang memperlihatkan puluhan kendaraan hancur berkeping-keping kena rudal dari drone di kota Chornobaivka.

Pada Sabtu (26/2), pasukan Ukraina merilis video drone lain yang menunjukkan konvoi Rusia terkena serangan drone, kali ini di kota selatan Kherson.

Drone ini sebelumnya memang sudah sukses dioperasikan di konflik Libya sampai Suriah, namun baru kali ini dihadapkan dengan militer besar seperti Rusia dengan segala teknologi perangnya. Ternyata, drone ini berhasil memenuhi harapan Ukraina.

Drone TurkiBayraktar TB2 hancurkan konvoi Rusia. Foto: Ukraine Armed Forces

Beberapa pengamat meyakini bahwa adalah sebuah blunder bagi Rusia mengirimkan pasukan sebelum terlebih dahulu menjinakkan kekuatan udara Ukraina, termasuk drone ini.

Bayraktar TB2 berhasil menghancurkan konvo Rusia karena Rusia belum mendapatkan supremasi udara. "Angkatan Udara Rusia telah memperoleh superioritas udara di beberapa area, namun belum di seluruh Ukraina," kata Can Kaspoglu, pengamat militer dari EDAM.

"Di samping itu, militer Rusia memang sudah menghancurkan banyak basis udara Ukraina, namun sebagian masih punya landasan dan fasilitas yang dapat dioperasikan. Pesawat berawak dan tak berawak memang diserang, tapi tidak seluruhnya terganggu," tambah dia.

Robert Lee dari Foreign Policy Research Institute menilai Rusia sebenarnya punya kemampuan untuk menghancurkan drone Bayraktar TB2 sebelum perang dimulai, namun tidak dilakukan entah karena alasan apa.

"Belum lagi pertahanan udara untuk melindungi tentara di darat sepertinya tidak siap menghadapi drone Bayraktar TB2 ini. Tidak jelas mengapa demikian," cetusnya, seperti dikutip detikINET dari Middle East Eye, Kamis (3/3/2022).

Halaman selanjutnya, teknologi drone Bayraktar TB2>>>



Simak Video "Detik-detik Drone Militer Ukraina Hancurkan Konvoi Tank Rusia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT