Salut, Airbnb Siap Tampung 100 Ribu Pengungsi Ukraina

Salut, Airbnb Siap Tampung 100 Ribu Pengungsi Ukraina

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 01 Mar 2022 22:05 WIB
Airbnb
Airbnb. Foto: Unwired
Jakarta -

Gelombang pengungsi mengalir dari Ukraina setelah serangan Rusia. Selain beberapa negara Uni Eropa siap menampung mereka, perusahaan penginapan online Airbnb juga menawarkan bantuan.

Airbnb menyatakan bahwa mereka akan menyediakan tempat tinggal sementara pada sekitar 100 ribu pengungsi dari Ukraina tanpa biaya alias gratis. Lalu dari mana biayanya?

Airbnb akan menerima donasi dari pemilik tempat tinggal ataupun dana yang disalurkan melalui Airbnb.org Refugee Fund. Seperti dikutip detikINET dari CNBC, lebih dari 500 ribu warga Ukraina telah mengungsi sejak perang dengan Rusia meletus, mengalir ke negara-negara tetangga dengan perlengkapan seadanya.

"Kami butuh bantuan untuk mencapai misi ini. Kebutuhan terbesar adalah agar lebih banyak orang bisa menawarkan rumahnya di negara terdekat termasuk Polandia, Jerman, Hungaria dan Rumania," kata CEO Airbnb, Brian Chesky.

Hal serupa juga dilakukan Airbnb untuk pengungsi dari Afghanistan. September silam, Airbnb menyatakan akan menampung 20 ribu pengungsi dari negara itu.

Sejauh ini, Airbnb telah menyediakan 54 ribu tempat tinggal bagi pengungsi dan para pencari suaka dari berbagai negara, termasuk Suriah, Venezuela, Afghanistan dan kini juga Ukraina.

Mereka bisa tinggal sementara di rumah atau penginapan yang disediakan oleh Airbnb tersebut sampai setidaknya 5 tahun. Namun untuk gelombang terkini pengungsi dari Ukraina, belum diketahui berapa lama mereka akan ditampung oleh Airbnb.

Di sisi lain, negara-negara yang tergabung di Uni Eropa (UE) pada hari Minggu (27/02) telah bergerak untuk mengoordinasikan penyambutan bagi ratusan ribu warga Ukraina yang berusaha menyelamatkan diri dari invasi Rusia. UE mengatakan akan memberikan para pengungsi status perlindungan



Simak Video "Zelensky Terima Undangan Jokowi untuk Datang KTT G20 Bali, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)