Pencarian HP 5G di Google Naik 216% di Tahun 2021

ADVERTISEMENT

Pencarian HP 5G di Google Naik 216% di Tahun 2021

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 17:45 WIB
Ilustrasi jaringan 5G
Pencarian HP 5G di Google Naik 216% di Tahun 2021 Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tahun 2021 diwarnai dengan peluncuran jaringan 5G komersial di Indonesia oleh beberapa operator. Vendor-vendor pun turut merilis ponsel yang sudah mendukung jaringan 5G, dan jika dilihat dari tren Google sepertinya popularitas HP 5G di Indonesia mulai meningkat.

Berdasarkan data Google Year in Search 2021, minat penelusuran untuk HP 5G naik 216%. Data ini diambil dari Google Trends pada periode September 2020 hingga Agustus 2021.

Selain ponsel 5G, gadget lainnya yang banyak dicari oleh orang Indonesia adalah ponsel layar lipat. Google menemukan penelusuran untuk kata kunci 'hp fold' meningkat hampir 80% pada 2021.

Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra mengatakan orang Indonesia semakin mengandalkan internet untuk mencari ponsel dan gadget idamannya, meskipun akhirnya mereka melakukan pembelian secara offline. Terlihat dari kenaikan pencarian 'rekomendasi hp' di Google sebesar 38%.

"Konsumen ke digital untuk mencari tahu informasi produk-produk teknologi sebelum membeli. Ada kenaikan sekitar 78% untuk pencarian rekomendasi elektronik di Google," kata Yolanda dalam media briefing virtual, Selasa (22/2/2022).

Lantas, spesifikasi apa yang biasanya banyak dicari orang Indonesia saat meriset ponsel yang akan dibeli? Data Google menunjukkan peningkatan pada penelusuran terkait 'chipset hp' (44%), 'hp nfc' (33%), 'hp with high battery capacity' (32%), dan 'ram hp' (25%).

HP dengan kamera ciamik juga makin banyak dicari untuk membuat konten media sosial yang menarik. Penelusuran tentang 'resolusi kamera' naik 31% dan 'hp fotografi' tumbuh 16%.

Saat mencari rekomendasi HP baru di Google, orang Indonesia juga banyak mencari ulasan lewat YouTube. Berdasarkan temuan Google, minat penelusuran YouTube untuk 'review gadget' meningkat 82%.

"Jadi mereka berusaha untuk mencari tahu ulasan produk dan produk apa yang tepat untuk improve their hybrid lifestyle lewat produk-produk teknologi ini," pungkas Yolanda.



Simak Video "Sakit Hati, Anak Buah Curi HP Bupati Asahan Senilai Rp 36 Juta!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT