Sudah Era Digital, Tanda Tangan Masih Terpakai di Masa Depan?

Sudah Era Digital, Tanda Tangan Masih Terpakai di Masa Depan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 13 Feb 2022 12:15 WIB
ilustrasi menulis surat
Tanda Tangan Masih Terpakai di Masa Depan? Foto: thinkstock
Jakarta -

Tanda tangan masih menjadi hal penting yang kerap dilakukan, contohnya untuk melegalkan sebuah dokumen atau untuk kegiatan lainnya. Akan tetapi faktanya, dunia digital, sebagian besar anak muda hampir tidak menggunakan tanda tangan.

Fakta itu diungkapkan Brett King yang merupakan CEO aplikasi seluler Moven. Ia menambahkan, ada cara yang jauh lebih aman untuk mencegah penipuan. Karena itu, inilah saatnya untuk move on dari tanda tangan ke hal yang lebih aman.

"Tanda tangan adalah artefak yang tidak kita perlukan lagi. Ini adalah peninggalan dari bertahun-tahun yang lalu. Saya pikir akan ada evolusi alami di mana tanda tangan mati secara perlahan," ujarnya, seperti melansir BBC.

Lebih lanjut, bandingkan dengan sidik jari, atau pemindaian mata, tanda tangan relatif mudah untuk disalin atau diubah kata pakar penipuan identitas Tom Craig.

Tanda tangan memang masih digunakan dalam sistem perbankan. Tetapi selalu ada sistem pemeriksaan di sekitar tanda tangan seperti foto identitas atau yabg lain, ini yang menunjukkan tanda tangan tidak dapat dipercaya sendiri.

"Ini masalah waktu sebelum teknologi pengenalan suara atau biometrik menggantikannya sama sekali. Saya bisa melihat tanda tangannya mati - tidak dalam waktu dekat, tapi pada akhirnya," ucap Craig.

Tanda tangan sudah ada sejak lama dalam budaya manusia. Sebuah tablet tanah liat Sumeria dari sekitar 3.100 SM ditandai dengan nama juru tulis Gar Ama. Bangsa Romawi menggunakan tanda tangan sejak masa pemerintahan Valentinian III pada tahun 439. Itu berarti, tanda tangan memang memiliki sejarah yang panjang.

Kalau menurutmu bagaimana detikers soal masa depan tanda tangan? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar.



Simak Video "Rahasia Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/agt)