Dear Sister, Korban KDRT Bisa Cari Bantuan di Twitter

Dear Sister, Korban KDRT Bisa Cari Bantuan di Twitter

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 03 Feb 2022 17:41 WIB
Young woman is sitting hunched at a table at home, the focus is on a mans fist in the foregound of the image
Korban KDRT Bisa Cari Bantuan di Twitter (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Ceramah kontroversial Oki Setiana Dewi membuat orang ramai membahas KDRT. Tahukah Anda, korban KDRT bisa mencari bantuan langsung di Twitter.

Oki Setiana Dewi dikecam publik karena ceramahnya yang dianggap membenarkan KDRT demi menutup aib suami. Terkait dengan ceramahnya ini, suami Oki Setiana Dewi, Ory Vitrio kepada detikcom memberikan link channel YouTube ceramah bertajuk 'Tingkat Tertinggi Akhlak Istri'.

Video berdurasi 4 menit 4 detik itu adalah video lama pada 20 Maret 2019. Ini adalah sebagai pembanding potongan video yang viral tersebut.

Dalam konteks utuhnya, ceramah ini adalah soal bagaimana mengelola permasalahan rumah tangga dengan tidak mengumbarkan ke publik. Namun memang Oki memberi contoh kisah istri yang menutupi kejadian dipukul suami.

Contoh ceritanya inilah yang kemudian menjadi kontroversi. Dipantau detikINET, Kamis (3/2/2022) KDRT masih menjadi trending topic di Twitter dengan 27.500 tweet.

Netizen yang kritis pun menilai, ceramah ini pesannya sebenarnya baik, namun Oki Setiana Dewi dinilai salah memberikan contoh.

"Konteks nutupin aib sih bener ya, ambil contohnya yg salah mbak. Di kdrt diem2 bae? Duuhhhh," kata netizen @via*** di Twitter.

"Menutup aib suami bukan bukan berarti harus nutup KDRT dari orang lain. Get help sis," kata @sullen***, seorang netizen lainnya.

Nah, terkait soal get help atau mencari pertolongan, tahukah Anda kalau Twitter pun bisa menjadi tempat korban KDRT mencari bantuan. Para korban KDRT cukup membuka aplikasi Twitter, lalu ketik KDRT di kolom pencarian.

Nantinya, di bagian paling atas, ada notifikasi khusus dari Twitter untuk para korban KDRT:

Anda tidak sendirian. Kami siap membantu.

Jika Anda atau perempuan yang Anda kenal mengalami atau berisiko mengalami kekerasan berbasis gender (termasuk KDRT), LBH APIK Jakarta dan Komnas Perempuan ada di sini untuk mendukung Anda.

Di bawahnya, ada link ke LBH Apik Jakarta. Jika diklik ada tampilan halaman hotline yang terhubung dengan WhatsApp LBH Apik.

Ada pula link ke Komnas Perempuan. Jika diklik, Anda akan terhubung ke form pengaduan kasus KDRT.

Jadi, jangan diam saja ketika menjadi korban KDRT. Adukan kasus kamu, bisa melalui Twitter.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.


Simak Video "Polemik Ceramah Oki Setiana Dewi Terkait KDRT"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)