VPN Google One Kini Ada di iOS

VPN Google One Kini Ada di iOS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 03 Feb 2022 08:06 WIB
Google One
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google yang belum lama ini memberikan fitur virtual private network (VPN) ke pelanggan Google One kini membawa fitur tersebut ke iOS.

VPN by Google One itu diklaim bakal "memberikan ketenangan ke pengguna iOS". Oh ya, fitur VPN ini hanya tersedia untuk pelanggan Google One untuk paket 2TB ke atas, yaitu paket Premium. Sementara pelanggan paket Basic dan Standar tak bisa mencicipinya.

VPN yang tersedia lewat aplikasi Google One di iOS ini bisa dibagikan ke sampai dengan lima anggota keluarga yang terdaftar di akun Google, tanpa biaya tambahan dan tak terbatas pada platform yang diapakai.

Sejauh ini baru pengguna Google One 10 negara yang bisa mencicipi fitur VPN-nya, dan Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Ke-10 negara tersebut adalah Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Finlandia, Islandia, Irlandia, Norwegia, Swedia, dan Swiss.

Google menjanjikan kalau fitur tersebut akan tersedia di lebih banyak negara ke depannya, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (3/2/2022).

Selain VPN, Google One juga kedatangan tiga fitur baru. Yaitu Safe Disconnect, di mana penggunanya hanya bisa menggunakan koneksi internet saat VPN sedang aktif, App Bypass, di mana aplikasi tertentu bisa menggunakan koneksi internet tanpa VPN, dan Snooze, yaitu mematikan sementara VPN di Google One.

Google menjanjikan sistemnya punya sistem keamanan canggih terintegrasi, juga client library yang open source. Sistem end to end-nya pun diaudit secara independen, dan VPN by Google One pun punya sertifikasi penuh dari Internet of Things Alliance (ioXt) dan sukses melewati delapan syarat keamanan dari lembaga tersebut.

Kemampuan-kemampuan inilah yang tampaknya membuat Google yakin kalau VPN-nya bisa memberikan ketenangan bagi pengguna iOS. Namun perlu diingat, Apple juga punya layanan semacam VPN yang terintegrasi ke dalam iCloud, yaitu Private Relay, yang bisa dinikmati oleh semua pelanggan iCloud dari paket yang paling murah.



Simak Video "Apple dan Google Diminta Hapus TikTok dari Toko Aplikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)