Ambisi Elon Musk Ciptakan Robot Tesla Mirip Manusia

Ambisi Elon Musk Ciptakan Robot Tesla Mirip Manusia

ADVERTISEMENT

Ambisi Elon Musk Ciptakan Robot Tesla Mirip Manusia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 31 Jan 2022 08:20 WIB
Tesla Bot
Elon Musk: Robot Tesla Akan Lebih Besar Ketimbang Bisnis Mobilnya Foto: dok. Tesla
Jakarta -

Tahun lalu, Elon Musk mengumumkan Tesla akan mengembangkan robot mirip manusia atau humanoid. Meski belum memberikan update terbaru tentang proyek itu, Musk mengatakan robot ini akan jadi produk paling penting yang dikembangkan Tesla tahun ini.

Hal ini diungkapkan Musk saat berbicara dengan investor setelah Tesla mengumumkan laporan keuangannya di Q4 2021. Dengan pengumuman ini Musk dan Tesla sepertinya akan memprioritaskan robot humanoidnya, menempatkannya di depan Cybertruck yang telah lama dinanti.

"Saya rasa robot itu memiliki potensi untuk menjadi lebih signifikan ketimbang bisnis kendaraan di masa depan," kata Musk, seperti dikutip dari CNBC, Senin (31/1/2022).

Musk pertama kali mengumumkan konsep robot Tesla di event AI Day pada Agustus tahun lalu. Musk memperingatkan bahwa robot dengan kode Optimus itu mungkin tidak akan berhasil, tapi ia berharap bisa memamerkan prototipenya tahun ini.

Di event AI Day Musk mengungkap beberapa informasi seputar robot tersebut. Robot itu akan memanfaatkan chip dan sensor yang sama seperti yang digunakan di fitur self-driving mobil Tesla. Robot itu akan memiliki tinggi sekitar 172 cm dan dilengkapi dengan layar di kepalanya.

Musk mengatakan Tesla mungkin akan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk mewujudkan proyek ini, dan bahkan bisa tidak terwujud. Tapi pria berusia 50 tahun ini meyakini bahwa robot tersebut bisa mengubah ekonomi jika bisa menjalankan tugas yang saat ini hanya bisa dilakukan oleh manusia.

"Jika kalian memikirkan tentang ekonomi, fondasi ekonomi adalah tenaga kerja," ujar Musk.

"Jadi apa yang terjadi jika kalian tidak benar-benar kekurangan tenaga kerja? Saya tidak yakin apa artinya ekonomi pada saat itu. Itulah maksud dari Optimus, jadi itu sangat penting," imbuhnya.

Robot ini merupakan salah satu contoh proyek ambisius Musk yang dijanjikan bisa mengubah kehidupan. Tapi kadang inovasi yang diumumkan itu tidak akan terwujud sesuai tenggat waktu yang direncanakan.

Contohnya, saat event Autonomy Day pada tahun 2019, Musk mengatakan Tesla akan memiliki satu juta robotaksi yang bekerja secara otonom di jalanan pada tahun 2020. Hingga saat ini, taksi otonom itu masih belum terlihat batang hidungnya.



Simak Video "Kehilangan Harta Rp 2,800 T, Elon Musk Masuk Guinness World Record"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT