Kominfo: Jangan Sebar Foto-Video Kecelakaan Maut di Balikpapan

Kominfo: Jangan Sebar Foto-Video Kecelakaan Maut di Balikpapan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 14:40 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Masyarakat diimbau oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menyebarkan foto maupun video kecelakaan maut tronton di Balikpapan.

Detik-detik tronton berwarna merah yang rem blong menabrak kendaraan motor dan mobil di perempatan lampu merah Simpang Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, itu ramai di media sosial (medsos).

Anjuran untuk tidak menyebarkan foto dan video korban kecelakaan maut di Balikpapan ini, menyangkut etika dan mempertimbangkan perasaan keluarga korban yang tengah berduka.

"Kominfo mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan persebaran foto-foto yang tidak layak terkait kecelakaan yang terjadi di platform media sosial manapun," ujar Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, Jumat (21/1/2022).

Seperti disampaikan Dedy, Kementerian Kominfo meminta masyarakat agar dapat menyikapi segala informasi terkait musibah tersebut dengan bijaksana.

"Mari bersama kita jaga empati dan etika dalam menyebarluaskan konten di media sosial," ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga, Kominfo menyampaikan duka cita mendalam atas musibah yang terjadi di Balikpapan, pada tadi pagi.

Sebuah truk tronton yang diketahui membawa kontainer seberat 20 ton berisi kapur pembersih menabrak sejumlah pengendara tepat saat di lampu merah.

"Truk tronton muatan kontainer 20 feet yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo.



Simak Video "Data dan Fakta Terkini Kecelakaan Maut di Simpang Rapak Balikpapan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)