Arteria Dahlan Minta Maaf, Orang Sunda Maafin Nggak Ya?

Arteria Dahlan Minta Maaf, Orang Sunda Maafin Nggak Ya?

Tim - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 14:15 WIB
Baliho bertuliskan ARTERIA DAHLAN MUSUH ORANG SUNDA mejeng di Kota Bandung, tepatnya di pertigaan Jalan Diponegoro di dekat Gedung Sate pada Rabu (19/1/2021).
Baliho anti Arteria Dahlan di Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR Arteria Dahlan minta maaf usai membuat marah masyarakat etnis Sunda. Netizen pun menanggapinya beragam.

Permintaan maaf itu terkait ucapan meminta Kajati berbahasa Sunda diganti oleh Jaksa Agung. Permintaan maaf Arteria disampaikannya saat diterima oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun.

"Saya dengan sungguh-sungguh menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya masyarakat Sunda atas pernyataan saya beberapa waktu lalu," ujar Arteria usai memberikan klarifikasi kepada PDIP, Kamis (22/1/2022).

Arteria mengatakan dirinya siap diberi sanksi dan menerima kritik dari masyarakat. Dia mengatakan ingin kembali fokus dengan tugasnya sebagai anggota DPR.

"Terima kasih atas seluruh kritik yang diberikan ke saya, pastinya akan menjadi masukan bagi saya untuk berbuat lebih baik lagi," kata Arteria.

Pernyataan bernada rasis oleh Arteria menimbulkan protes luas dari masyarakat dan juga tampak di Twitter. Kata 'Sunda' dan 'Arteria Dahlan', sudah dua hari bercokol di trending topic Twitter seperti dipantau, Kamis (20/1/2022). 'PDIP' juga ikut jadi trending topic, imbas dari Arteria.

Arteria menuai hujatan publik khususnya dari masyarakat Jawa Barat. Meskipun dia sudah meminta maaf, nampaknya netizen Sunda sudah terlanjur kesal, marah dan kecewa terhadap Arteria Dahlan.

Mereka mengatakan Arteria Dahlan sangat arogan, tetap perlu diproses hukum, ujungnya PDIP ikut kena risiko ditinggal pemilih di Jawa Barat. Inilah suara-suara netizen Jawa Barat di Twitter, menanggapi permintaan maaf Arteria Dahlan:

"Sudah basi sudah gak perlu minta maaf kami masyarakat Sunda sudah terlanjur muak sama kearoganan Arteria Dahlan, kami pastikan selamat tinggal PDIP di tanah Pasundan," tukas @fajar***.

"Rasanya cukup sudah, kalaupun Arteria Dahlan akhirnya minta maaf sudah terlambat," kata @benny***.

"Arteria dahlan gak usah minta maaf ke masyarakat Sunda, biar sekalian partainya gak dapet suara di Jabar," ujar @susugaram***.

"Ga cukup minta maaf, Arteria Dahlan musti di proses hukum krn Dugaan SARA tlh terpenuhi," kata @braja***.

"2024 harus kosongkan suara PDIP di Jawa barat kalau si Arteria Dahlan tidak minta maaf di depan rakyat sunda," kata @satria***.

Bagaimana menurut detikers, apa sudah cukup permintaan maaf Arteria Dahlan? Sampaikan opini Anda di kolom komentar.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.

Simak Video 'Arteria ke Masyarakat Sunda: Maaf, Tidak Ada Maksud untuk Rasis':

[Gambas:Video 20detik]




(fay/fyk)