Viral Kuburan Upin Ipin, di Indonesia atau Malaysia?

Viral Kuburan Upin Ipin, di Indonesia atau Malaysia?

Josina - detikInet
Senin, 17 Jan 2022 16:13 WIB
Upin Ipin
Foto: Instagram @upinipinofficial
Jakarta -

Media sosial TikTok dihebohkan dengan rekaman video viral menunjukkan dua kuburan yang tertuliskan di batu nisan dengan nama Upin dan Ipin.

Seperti kita ketahui Upin dan Ipin adalah dua tokoh anak-anak dari serial kartun asal Malaysia yang juga populer di banyak negara termasuk di Indonesia.

Bermula dari unggahan video dari akun TikTok @ABI_ALONK_3110, ia menyoroti dua kuburan Ipin dan Upin. Dalam batu nisan tersebut tertulis jika Upin meninggal lebih dulu pada 6 Agustus 1995 lalu disusul Upin tanggal 2 April 1996.

"Akhirnya tidur nyenyak. Pantesan enggak pernah gede, ternyata cerita berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu," tulis akun tersebut.

@bang_alonk3110 Akhirnya tidur Nyenyak 😭 #addictedtotiktok #masukberanda #fyp #upinipin #opah #kakros ♬ suara asli - 𝙝𝙞𝙨𝙩𝙤𝙧𝙮𝙢𝙪𝙨𝙞𝙠_

Unggahan tersebut sudah diputar lebih dari 36,9 juta kali dan memiliki 3,9 juta likes, serta 82 ribu komentar. Netizen pun dibuat bingung dan banyak berspekulasi tentang kisah Ipin dan Upin apakah nyata atau hanya fiktif belaka hingga kebenaran dari lokasi dua maka tersebut.

"Maaf ya gaes jadi rame, video ini alonk dapat dari teman yang juga orang Malaysia. Katanya ini berdasarkan kisah dari nenek disana yang diungkap ke dalam animasi," tulis pengunggah.

Menariknya setelah video ini viral, seolah ada tanggapan dari unggahan video lain yang diunggah dari akun TikTok @putrahits03 yang mengatakan jika lokasi makam Upin dan Ipin terletak di Kota Palu, Indonesia.

@putrahits03 ternyata makam upin&ipin ada di Palu bukan di Malaysia #upinipinmeninggal #kartun#fyp#palu ♬ suara asli - Putra 02325

"Makam upin dan ipin ternyata ada di Palu bukan di Malaysia," tulisnya dalam video tersebut.

"Maap yang nang nannya daerah Palu mana soal nya gua dapet dari temen katanya bukan di Malaysia tapi di Palu ntar kalo ada jawaban dari temen gua baru gua," tulisnya lagi.

Dan dari rekaman video tersebtu terlihat beberapa anak perempuan yang merekam dua kuburan Upin dan Ipin dan dari suara yang dijelaskan mengatakan jika kuburan ini di Palu.

"Ini katanya viral, yang bilang dari Malaysia ini tu di Palu gaes bukan di Malaysia," ujar salah satu wanita dari video tersebut.

Sayangnya tak dijelaskan lokasi tepatnya berada di mana. Video ini sudah dilihat hingga 7 juta dan mendapatkan like 509 ribu dengan 10 ribu lebih komentar. Bahkan dari komentar-komentar ini ada yang membenarkan jika lokasi makam tersebut benar ada di Indonesia.

Meski begitu, ada juga yang curiga itu adalah makam bohongan, alias sampel kijing kuburan yang memang dijual. Biasanya, penjual batu nisan dan kijing kuburan, memang punya sampel produk yang dijual. Sebabnya, tidak ada tanah di bagian tengah kijing seperti umumnya sebuah kuburan sungguhan. Nah, inilah beberapa komentar netizen lainnya:

"Apakah Pulu Pulu terinspirasi dari Palu" tulis @pnggilsxxx.

"Benar, di Palu. Letak kuburannya di kelurahan talisen, pulau Sulawesi tengah, tanah kelahiranku," tulis @ericksxxx.

"Ternyata upin ipin adalah org indonesia," tulis @itsme_xxx.

"Kata temen gw pembuat upin ipin itu pertamanya di indo terus ga laku dan dijual ke malay eh laku dan sampae sekarang, katanya yang buat orang bandung," tulis @ekadwiyanxxx.

"Ini beneran ga sih, biasanya kan kalo orang meninggal di batu nisan ada tulisan binnya. misal mail bin ismail. itu cuma Upin doang ga pake bin," tulis @suci.salxxx.

"Gue yang tinggal di palu baru tau kalo makam upin ipin di kampung sendiri," tulis @deogantxxx.



Simak Video "Pihak Upin & Ipin Bantah Rumor Soal Kematian dan Ide Asal Cerita"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)