Twitter Versi Donald Trump, Truth Social Rilis 21 Februari

Twitter Versi Donald Trump, Truth Social Rilis 21 Februari

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 09:41 WIB
Aplikasi Truth Social, Twitter Versi Donald Trump
Twitter Versi Donald Trump, Truth Social Rilis 21 Februari (Foto: Screenshot App Store)
Jakarta -

Setahun lalu, Twitter membekukan akun Donald Trump. Kini Trump siap meluncurkan Twitter versi dia sendiri Truth Social, pada 21 Februari mendatang. Ada yang mau?

Tepat setahun warga Amerika memperingati kerusuhan politik di Gedung US Capitol pada 6 Januari 2021 silam. Saat massa pendukung Presiden Donald Trump menyerang gedung DPR AS itu.

Ketika orang Amerika napak tilas dan merefleksikan kejadian itu, Donald Trump malah punya rencana lain. Pihaknya mengumumkan kalau Twitter versi Donald Trump yang dinamai Truth Social siap dirilis pada 21 Februari 2022 mendatang.

Menurut The Verge, Senin (10/1/2022) tanggalnya sengaja dipilih Trump karena bertepatan dengan hari libur Presidents Day. Ini adalah hari libur untuk mengenang jasa George Washington.

Truth Social akan meluncur duluan di App Store. Aplikasi ini dikembangkan oleh Trump Media Tech LLC. Tersedia pilihan Pre-Order untuk yang tidak sabar ingin segera memilikinya, meskipun aplikasi ini gratis.

Ikonnya adalah huruf T dengan warna gradasi biru tua seperti warna Partai Republik -- partainya Donald Trump -- dan fontnya pun menyesuaikan dengan font yang sama.

Screenshot resmi di App Store menampilkan user interface yang mirip banget dengan Twitter. Ada header, profil akun, lini masa, termasuk apa yang lagi trending dan fitur mencari user lain. Ada lagi chat dan share.

Entah ini berpotensi salah kaprah atau tidak. Dilihat detikINET dari deskripsinya, postingan akan disebut Truth (setara Tweet - red). Posting ulang akan disebut Re-Truth (setara Retweet - red).

Kemiripan Truth Social dan Twitter sangat beralasan. Trump adalah penyuka Twitter. Twitter adalah corong untuk Trump mengeluarkan aneka pernyataan kontroversialnya.

Akibatnya, Trump secara permanen dilarang memakai Twitter pada Januari 2021, setelah kerusuhan di Gedung US Capitol pada 6 Januari 2021 silam. Trump mencoba menuntut Twitter untuk meminta akunnya lagi, tapi gagal.

Untuk saat ini tidak ada informasi apakah Truth Social tersedia juga di Android. Opsi yang ada di situs resminya hanya App Store. Trump mengatakan pada Desember 2021 bahwa Truth Social menggandeng Rumble untuk konten video dan streamingnya.

Truth Social meskipun belum rilis, sudah bikin kontroversi. Developer microblogging Mastodon pada Oktober 2021 mengatakan Truth Social mencomot coding mereka tapi tidak mengakuinya sebagai open source. Setelah ada protes, barulah Truth Social mengakui kalau mereka memakai open source dari Mastodon pada 12 November 2021.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Donald Trump Luncurkan Media Sosial Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)