Elon Musk Yakin Pria Ini Si Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto

ADVERTISEMENT

Elon Musk Yakin Pria Ini Si Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 31 Des 2021 12:32 WIB
El Salvadors President Nayib Bukele participates in the closing ceremony of a congress for cryptocurrency investors in Santa Maria Mizata, El Salvador, Saturday, Nov. 20, 2021. Bukele announced during the rock concert-like atmosphere at the gathering that his government will build an oceanside
Lambang Bitcoin. Foto: AP Photo/Salvador Melendez
Jakarta -

Sampai saat ini, belum diketahui pasti siapa pencipta Bitcoin, sosok yang dikenal dengan nama Satoshi Nakamoto. Nah, Elon Musk mengaku punya jawaban atas misteri Bitcoin tersebut.

Satoshi Nakamoto identitasnya sangat misterius, dia hanya memberi peninggalan berupa tulisan. Ia menyatakan penulisan kode Bitcoin dimulai tahun 2007. Kemudian Agustus 2008, dia disebut mendaftarkan domain bitcoin.org. Januari 2009, Nakamoto merilis versi 0.1 software Bitcoin.

Dia terus berkontribusi dalam rilis software Bitcoin sampai kontaknya dengan tim dan komunitas berkurang di 2010. Beberapa sosok sudah disebut sebagai dirinya, namun belum ada yang benar-benar meyakinkan.

Nah dalam wawancara podcast baru-baru ini, Elon Musk mengutarakan bahwa untuk mengetahui siapa Satoshi Nakamoto, bisa dengan menelusuri siapa yang menuliskan idenya sebelum Bitcoin dirilis.

"Well, kalian bisa melihat evolusi dari ide-ide tersebut sebelum diluncurkannnya Bitcoin dan melihat siapa yang menulis tentang ide itu," katanya seperti dikutip detikINET dari Futurism seperti dilansir, Jumat (31/12/2021).

"Nah sepertinya Nick Szabo kemungkinan, lebih daripada sosok-sosok lainnya, bertanggungjawab terhadap evolusi ide-ide tersebut," tambah bos Tesla dan SpaceX itu.

Siapa Nick Szabo? Dia adalah ilmuwan komputer dan cryptographer yang membantu mengembangkan bentuk awal dari mata uang kripto yang bernama bit gold.

Meski ciptaannya itu pada akhirnya tidak berhasil menjadi populer, banyak yang menilainya sebagai cikal bakal dari Bitcoin. Teknologi yang ia cetuskan juga dipakai sebagai fondasi blockchain Ethereum.

Maka tak heran jika banyak yang berspekulasi dia ini adalah Satoshi Nakamoto sang pencetus Bitcoin. Akan tetapi sudah lama dia membantah tudingan tersebut. "Aku bukanlah Satoshi," bantahnya dalam wawancara dengan New York Times di tahun 2017.



Simak Video " Mantan Pacar Lelang Foto Bareng Elon Musk Senilai Rp 756 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT