Mbah Minto Meninggal, Ini 5 Fakta Sang Artis Komedi Youtube

Mbah Minto Meninggal, Ini 5 Fakta Sang Artis Komedi Youtube

Muhammad Akbar Syahputra - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 14:38 WIB
Siapa itu Mbah Minto? Pertanyaan ini muncul terkait sosok yang viral berkat parodi Gagal Mudik di Youtube. Bagaimana sosok beliau?
Mbah Minto (Foto: tangkapan layar IG ucup_jbsklaten)
Jakarta -

Artis komedi YouTube, Minto Suwito Siyam atau yang biasa disapa Mbah Minto (85) telah meninggal dunia. Inilah 5 fakta soal hidupnya yang tidak semua orang tahu.

Artis komeddi gagal mudik dan bintang iklan asal Klaten, Jawa Tengah, Minto Suwito Siyam atau yang biasa disapa Mbah Minto (85) telah meninggal dunia pada Rabu (22/12). Sosok yang viral berkat perannya dalam komedi gagal mudik di YouTube, telah ramai diperbincangkan di sosial media.

Sebelum menjadi bagian dari komedi gagal mudik, Mbah minto hanyalah seorang tukang kerik di kampungnya. Sudiono (48) anak bungsu Mbah minto menjelaskan, "Si mbok itu awalnya hanya tukang kerik (kerik badan) kalau ada warga masuk angin. Kalau ada warga minta dikerokin, ya ngerokin."

Untuk mengetahui sosoknya, detikINET, Jumat (24/12/2021) telah merangkum beberapa fakta terkait Mbah Minto, yang sebagian orang belum tahu:

1. Awalnya tukang kerok di kampung

Sebelum menjadi artis Youtube, Mbah Minto hanyalah seorang tukang kerok di kampung. Saat jadi tukang kerok, Sudiono menjelaskan bahwa ibunya tidak menentukan tarif, tidak dibayar pun, Mbah Minto ikhlas.

"Dibayar syukur tidak juga tidak apa, bayarnya pun tidak tentu. Namanya tetangga ya biasa," ujar Sudiono, anak bungsu Mbah Minto.

Sudiono juga menyampaikan, selain menerima jasa kerik, ibunya juga termasuk bekerja serabutan apa saja yang penting halal seperti mencabuti rumput tetangga pun, Mbah Minto akan melakukannya.

2. Jauh dari 4 anaknya di luar Klaten

Mirip seperti karakternya di YouTube, Mbah Minto jauh dari anak-anaknya. 4 Anaknya tersebar di Banjar, Purworejo, Jakarta dan Gunungkidul yaitu Sudiono. Hanya Sudiono di Gunungkidul yang paling dekat, dibandingkan saudara-saudaranya yang lain.

Seluruh keluarganya pun tidak ada yang menyangka ibunya akan terkenal. Bahkan saat viral, keluarga baru tahu jika Mbah Minto adalah bintang di YouTube.

3. Terkenal karena Youtube

Mbah Minto mulai menjadi sorotan karena dagelan Gagal Mudik. Bermula dari artis dagelan di Youtube, nama Mbah Minto kian melambung hingga menjadi bintang iklan. Videonya pun ditayangkan di akun Youtube maupun Instagram yang membuatnya dikenal banyak orang.

4. Makin viral, usai videonya diapresiasi

Video dagelan Gagal Mudik yang dibuat Mbah Minto dan tetangganya yaitu Muhammad Sofyan alias Ucup (32), menuai banyak apresiasi dari berbagai pihak. Sebab, video itu ditayangkan bertepatan dengan momen menjelang Lebaran. Hal ini juga turut membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak Mbah Minto dan juga Ucup untuk Live Instagram.

5. Jadi bintang iklan

Dari video dagelan yang dibuatnya, nama Mbah Minto makin meroket. Setelah tiga bulan videonya viral di sosial media, sosok siapa itu Mbah Minto mulai mendapat tawaran menjadi bintang iklan. Dia ditawari untuk mengiklankan produk jamu hingga bank.



Simak Video "Banyak yang Kehilangan dengan Meninggalnya Mbah Minto"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)