5 Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Corona dan Jagat Metaverse

ADVERTISEMENT

5 Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Corona dan Jagat Metaverse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 13 Des 2021 18:00 WIB
Bill Gates kutu buku
5 Prediksi Bill Gates untuk Masa Depan Foto: Facebook
Jakarta -

Bill Gates baru saja menuliskan catatan akhir tahun di blog pribadinya, Gates Notes. Tidak hanya merefleksi apa yang terjadi sepanjang tahun 2021, ia juga memberikan prediksinya untuk masa depan.

Sejak beberapa dekade yang lalu, Gates pernah beberapa kali memberikan ramalannya tentang masa depan dunia teknologi. Pada tahun 1987, co-founder Microsoft ini dengan akurat memprediksi bahwa layar datar akan mendominasi abad 21. Tapi Gates juga meyakini kartu kredit akan jadi barang langka pada tahun 2007 dan itu masih belum jadi kenyataan.

Lalu apa yang dilihat Bill Gates akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan? Berikut lima prediksinya, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (13/12/2021).

1. Pandemi COVID-19 akan berakhir tahun depan

Prediksi pertama Gates merupakan kabar baik. Ia meyakini bagian terburuk dari pandemi akan berakhir pada tahun 2022.

Pria berusia 66 tahun ini mengatakan munculnya varian delta dan tantangan distribusi vaksin sempat menyulitkan proses pemulihan. Meski kehidupan belum akan kembali normal seperti sebelumnya, Gates yakin 2022 akan jadi tahun yang lebih baik.

"Saya yakin, bahwa ujungnya sudah di depan mata. Mungkin bodoh untuk membuat prediksi lainnya, tapi saya pikir fase akut pandemi akan berakhir pada tahun 2022," tulis Gates.

2. Rapat akan pindah ke metaverse

Sama seperti Mark Zuckerberg dan Facebook, Bill Gates rupanya juga meyakini perkembangan metaverse sudah di depan mata. Menurutnya teknologi baru ini akan mengubah cara kita bekerja dan rapat sehari-hari.

"Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan kebanyakan rapat virtual akan pindah dari barisan gambar 2D -- yang saya sebut model Hollywood Squares, meski saya tahu itu membuat saya terlihat tua -- ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital," kata Gates.

"Idenya adalah kalian akan menggunakan avatar untuk bertemu dengan orang di ruang virtual yang meniru pengalaman berada di ruang fisik dengan mereka," sambungnya.

Selanjutnya: telemedicine makin canggih dan new normal...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT