Elon Musk Soal Bos Baru Twitter: Talenta India Untungkan AS

Elon Musk Soal Bos Baru Twitter: Talenta India Untungkan AS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 01 Des 2021 06:50 WIB
Jakarta -

Jack Dorsey mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai CEO Twitter. Penggantinya adalah Parag Agrawal, seorang pria keturunan India yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer Twitter.

Kabar pergantian kepemimpinan di Twitter tentu langsung menghebohkan media sosial. CEO Tesla Elon Musk yang sering vokal di Twitter juga melontarkan responsnya.

Awalnya CEO Stripe Patrick Collison mencuit soal Agrawal yang merupakan orang India kesekian yang didapuk sebagai bos perusahaan teknologi. Musk kemudian membalas cuitan Collison sambil memuji talenta digital India yang ada di Amerika Serikat.

"Google, Microsoft, Adobe, IBM, Palo Alto Networks, dan sekarang Twitter dipimpin oleh CEO yang tumbuh besar di India. Senang melihat kesuksesan orang India di dunia teknologi dan menjadi pengingat tentang kesempatan yang ditawarkan Amerika untuk imigran. Selamat, @paraga!," tulis Collison dalam cuitannya, seperti dikutip dari India Today, Rabu (1/12/2021).

"Amerika Serikat sangat diuntungkan oleh talenta asal India," balas Musk.

Agrawal menjadi orang India keenam yang memimpin perusahaan Silicon Valley. Ia mengikuti jejak orang-orang seperti CEO Microsoft Satya Nadella, CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai, Presiden dan CEO Adobe Shantanu Narayen dan CEO IBM Group Arvind Krishna.

Agrawal merupakan lulusan teknik dan ilmu komputer dari Indian Institute of Technology di Mumbai, India. Ia kemudian pindah ke AS guna mengenyam pendidikan doktoral di Stanford University pada 2005-2012.

Sebelum bergabung dengan Twitter, pria berusia 37 tahun ini pernah bekerja di Microsoft, Yahoo, dan AT&T. Pada tahun 2011, Agrawal kemudian pindah ke Twitter dan enam tahun setelahnya ia didapuk sebagai CTO Twitter.

Dalam email yang dikirimkan ke staf Twitter, Dorsey mengatakan Agrawal terpilih sebagai CEO Twitter setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh dewan direksi. Ia juga mengatakan penerusnya itu ikut terlibat dalam setiap keputusan penting diambil perusahaan.

"Ia memimpin dengan hati dan jiwa, dan saya terus belajar darinya setiap hari. Kepercayaan saya kepadanya sebagai CEO kami sangat mendalam," kata Dorsey tentang Agrawal dalam emailnya.

(vmp/afr)