Apakah Kamera Benar-benar Bisa Menangkap Foto Hantu?

Apakah Kamera Benar-benar Bisa Menangkap Foto Hantu?

tim - detikInet
Minggu, 28 Nov 2021 22:00 WIB
Ilustrasi Drive Thru Rumah Hantu
Apakah Kamera Benar-benar Bisa Menangkap Foto Hantu? Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Acapkali kita disuguhkan sebuah penampakan yang tertangkap kamera. Pertanyaannya, apakah kamera benar-benar bisa menangkap keberadaan makhluk halus alias hantu?.

Pertanyaan tersebut merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas. Fenomena itu kemudian dijelaskan secara teknis oleh fotografer.

"Saya seorang skeptis dari sudut pandang seorang fotografer dan sebagai seseorang yang tidak percaya pada hantu... tidak banyak di luar sana yang tidak dapat dikaitkan dengan semacam teknik fotografi," kata Michael Pritchard Director-general of the Royal Photographic Society.

Faktanya, 'tertangkapnya' hantu dalam sejarah fotografi sudah dimulai sejak lama. Pertama kali kamera ditemukan, hantu telah muncul di foto.

Akar fotografi hantu ini dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19. Selama tahun 1850-an dan 1860-an, banyak fotografer bereksperimen dengan efek baru, seperti gambar stereoskopik dan eksposur ganda. Tetapi, beberapa fotografer yang nakal melihat ini sebagai hal yang bisa dimanfaatkan untuk keuntungan.

Seorang fotografer amatir Amerika, bernama William Mumler dianggap sebagai orang pertama yang menangkap 'roh' dalam sebuah foto di awal tahun 1860-an.

Gambar penting ini muncul untuk menampilkan penampakan sepupunya yang sudah meninggal. Pada awalnya, para ahli berjuang untuk menemukan sesuatu yang palsu tentang foto-foto roh Mumler. Akan tetapi, sang amatir menjadi seorang profesional. Bisnisnya menguntungkan apalagi didorong oleh kerabat dari mereka yang tewas dalam Perang Saudara Amerika.

Mumler akhirnya diadili karena penipuan. Momen paling memberatkan dalam persidangan datang ketika sebuah foto palsu yang sengaja dihadirkan untuk menunjukkan betapa mudahnya 'menghadirkan' salah satu gambar roh Mumler.

Terlepas dari bukti yang memberatkan, Mumler dibebaskan dari penipuan. Sampai sekarang, fotografi hantu menjadi hal yang sampai sekarang diperdebatkan. Demikian disari dari BBC.

Kalau menurut detikers, apakah seseorang bisa menangkap hantu melalui kamera mereka? Karena tak bisa dibantahkan juga, ada sejumlah foto yang cukup membuat kamu berpikir ulang 'inikah wujud makhluk halus?'.



Simak Video "Setan-setan Jepang Berkeliaran, Membuat 'Dunia Mencekam'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/agt)