Google Doodle Peringati Hari Guru 25 November 2021

Google Doodle Peringati Hari Guru 25 November 2021

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 25 Nov 2021 08:15 WIB
Jakarta -

Ada yang spesial ketika kamu membuka laman pencarian Google. Kita akan disambut Google Doodle yang memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 November 2021.

Google menampilkan seekor lebah besar berkacamata dan membawa buku. Dia tengah mengajar empat lebah kecil dan seekor ulat.

Selain menggambarkan suasana belajar mengajar, deretan lebah dan ulat tadi seolah membentuk kata Google.

Sejarah Hari Guru 25 November

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912, yang pada akhirnya diubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Menilik kembali dari sejarahnya yang dilansir di situs PGRI DKI, perubahan nama dari PGHB menjadi PGI ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata 'Indonesia' yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan oleh para guru dan bangsa Indonesia.

Pada zaman kependudukan Jepang, segala organisasi yang berkaitan dengan pendidikan itu mulai dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas mereka. Namun, dalam Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, para sekelompok organisasi dan guru-guru mulai bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari sinilah, pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Dengan semangat yang membara, Persatuan Guru Republik Indonesia serentak bersatu untuk mengisi kemerdekaan mereka dengan tiga tujuan:

  • Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
  • Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan.
  • Membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Dari sejarah Hari Guru Nasional yang sudah dilalui oleh Persatuan Guru Republik Indonesia, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November yang ditandai sebagai Hari Guru Nasional.

Diharapkan Hari Guru Nasional 2021 menjadi ajang bagi masyarakat agar lebih menghargai dan memberikan apresiasi kepada guru-guru di Indonesia. Bagaimanapun juga, para guru sudah sangat berjasa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selamat Hari Guru!

(afr/afr)