Gadis 16 Tahun Selamat dari Penculikan Berkat Video TikTok

Gadis 16 Tahun Selamat dari Penculikan Berkat Video TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 15:45 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Gadis 16 Tahun Selamat dari Penculikan Berkat Video TikTok Foto: Getty Images/5./15 WEST
Jakarta -

Seorang gadis berusia 16 tahun yang sempat dinyatakan hilang di Amerika Serikat berhasil ditemukan setelah ia menggunakan gestur tangan yang viral di TikTok. Gestur itu populer di TikTok untuk memberikan tanda bahwa seseorang dalam keadaan bahaya.

Gadis itu dilaporkan hilang oleh orang tuanya di North Carolina pada Selasa (2/11/2021), dan ditemukan di dalam sebuah mobil di Kentucky dua hari kemudian. James Herbert Brick, pria yang menculik gadis tersebut, ditahan beberapa hari setelahnya.

Seorang pengemudi melaporkan melihat seorang gadis di dalam mobil yang mengangkat tangannya dan telapak tangannya menghadap ke luar. Ia kemudian menekuk ibu jarinya ke telapak tangan, diikuti dengan keempat jari lainnya.

Pengemudi tersebut mengenali gestur tersebut dari video TikTok yang viral dan digunakan oleh seseorang yang dalam bahaya untuk mencari bantuan. Pengemudi itu melihat gadis itu tampak dalam bahaya, kemudian menelepon polisi dan membuntuti mobil tersebut.

Polisi kemudian menghentikan mobil tersebut saat keluar dari jalan tol, dan menemukan gadis itu di kursi penumpang. Kepada polisi, gadis itu mengatakan ia sudah dibawa oleh Brick melewati North Carolina, Tennessee, Kentucky, dan Ohio.

Brick yang berusia 61 tahun kemudian didakwa dengan pemenjaraan tidak sah, dan kepemilikan materi yang menunjukkan tindakan seksual, seperti dikutip dari Gizmodo, Selasa (9/11/2021).

Gestur tangan yang digunakan gadis tersebut sempat viral di TikTok dan beberapa platform media sosial lainnya. Menurut Canadian Women's Foundation, gestur tersebut bisa digunakan seseorang untuk menunjukkan kalau mereka sedang dalam bahaya.



Gestur ini viral lewat kampanye 'Signal for Help' yang menyebar di media sosial pada awal pandemi COVID-19. Tujuan gestur ini adalah untuk membantu korban kekerasan dalam rumah tangga untuk mencari bantuan menggunakan tanda non-verbal.

Seseorang disarankan menggunakan gestur tangan ini saat berada di depan kamera, atau situasi lainnya di mana mereka tidak bisa berbicara tentang keadaannya dengan bebas atau kesulitan memanggil bantuan.



Simak Video "TikTok Jadi Website Terpopuler di Dunia 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)