Ternyata Ini Sejarah Promo 11.11 yang Awalnya Hari Jomblo di China

Ternyata Ini Sejarah Promo 11.11 yang Awalnya Hari Jomblo di China

Erika Dyah - detikInet
Jumat, 05 Nov 2021 14:37 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

11 November menjadi waktu yang dinanti oleh banyak orang. Pasalnya, momen 11.11 kini identik dengan pesta diskon dan belanja daring yang kerap diburu masyarakat. Tapi, tahukah kamu kalau sejarah 11.11 justru bermula dari kisah orang-orang lajang alias jomblo di China?

Melansir Antara, asal muasal perayaan 11.11 berawal dari momen 'Single's Day' yang dirayakan di China sebagai respons orang-orang lajang di negeri tersebut. Meski sebenarnya belum jelas siapa yang mengawali perayaan tersebut, The Telegraph menyebut bahwa mahasiswa lajang di Universitas Nanjing diketahui sebagai yang pertama memulai perayaan Single's Day di lingkup kampusnya. Bahkan, perayaan ini sudah dimulai sejak era 90-an lalu.

Diketahui, masing-masing angka 1 dari tanggal itu menjadi representasi ideal status lajang masyarakat China. Alih-alih merayakan kesendirian dengan bermuram diri, para mahasiswa ini mengapresiasi diri lewat bermacam hal yang menyenangkan di momen 11.11, mulai dari makan enak, karaoke, hingga belanja.

Hingga awal tahun 2000-an, perayaan 11.11 masih berjalan biasa. Semarak perayaan ini mulai berbeda pada tahun 2009 sejak perusahaan e-Commerce Alibaba membuat parade belanja daring dengan banyak diskon yang diperuntukkan bagi para lajang di 11 November tahun tersebut.

Adapun pesta diskon pertama dari Alibaba yang digelar di perayaan Single's Day diketahui mencatatkan perputaran uang mencapai 50 juta yuan (setara Rp 111 miliar saat ini).

Besarnya antusiasme konsumen saat itu, membuat perayaan Single's Day tidak lagi sekedar diperuntukkan untuk mereka yang melajang saja. Di tahun berikutnya hingga kini, siapapun dapat mengikuti pesta belanja di berbagai toko daring.

Kesuksesan Alibaba membuat peralihan di momen Single's Day ini menghadirkan ketertarikan dari para pelaku e-Commerce lain untuk berpartisipasi. Sehingga kini, tanggal 11.11 semakin identik dengan momen pesta belanja online yang penuh promo menarik.

Semarak pesta belanja online ini juga tak hanya ada di China, namun sudah merambah ke berbagai negara lain termasuk Indonesia dengan hadirnya pesta diskon dari berbagai perusahaan. Di momen ini, DANA tak ketinggalan memanfaatkan momen 11.11 dengan menghadirkan DANA Pesta Poin 11.11 selama 1-11 Nov 2021 yang menyediakan banyak hadiah menarik dengan total miliaran rupiah.

Mulai dari ngedate virtual bareng Anya Geraldine, nonton konser virtual Tulus, Rizky Febian, dan lainnya, bahkan kamu juga bisa menangin Samsung Galaxy, Playstation 5, sepatu Nike Air Jordan, CD Butter BTS, album Blackpink & masih banyak lagi deh! Jika kamu menang, kamu bisa dapetin hadiahnya dengan bermodal Rp11 aja lho.

DANA Pesta Poin 11.11DANA Pesta Poin 11.11 Foto: Dok. DANA

Cara dapetin hadiahnya juga gampang banget. Yang harus kamu lakuin adalah mengumpulkan DANA Points sebanyak-banyaknya, dengan cara:

1. Transaksi terus pakai DANA: Mulai dari kirim uang, bayar tagihan, beli Voucher A+ Rewards, dan transaksi lainnya.

2. Nonton Live Streaming 11.11 di aplikasi DANA. Di setiap Livestreaming ini nanti akan di bagikan poin gratis, lewat link yang ditaruh di comment section.

3. Ikut Extra Points Time selama 7-11 Nov 2021 pukul 11.00 - 13 WIB dan pukul 17.00 - 19.00 WIB, transaksi pada jam tersebut supaya dapat DANA Points 2x lebih banyak.

Tunggu apa lagi? Yuk, download & pakai DANA sekarang setiap transaksi biar dapat DANA Points yang banyak. Untuk cek info lebih lanjut tentang DANA Pesta Poin 11.11, kamu bisa cek di sini.

(akd/ega)