Zuck Ingin Ganti Nama Facebook Sejak Lama

Zuck Ingin Ganti Nama Facebook Sejak Lama

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 30 Okt 2021 16:45 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg resmi mengganti nama Facebook menjadi Meta. Ia bercita-cita untuk menciptakan ekosistem realitas virtual yang saling terhubung yang ia namai sebagai Metaverse.
Mark Zuckerberg Ingin Ganti Nama Facebook Sejak Lama Foto: Screenshoot AFP
Jakarta -

Mark Zuckerberg mengumumkan pergantian nama Facebook menjadi Meta. Meski kabar soal nama baru Facebook baru menyebar pekan lalu, rupanya Zuckerberg sudah merencanakan rebranding ini sejak lama.

Dalam wawancara dengan The Verge, Zuckerberg mengatakan ia berencana mengganti nama perusahaan sejak mengakuisisi Instagram dan WhatsApp, pada tahun 2012 dan 2014. Tapi tahun ini baru ia menyadari bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengganti nama Facebook.

"Saya rasa ada banyak kebingungan dan kecanggungan tentang brand perusahaan juga digunakan untuk brand salah satu aplikasi media sosial," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (29/10/2021).

"Saya rasa sangat membantu bagi orang-orang untuk memiliki hubungan dengan perusahaan yang berbeda dari hubungan dengan salah satu produk tertentu, yang bisa menggantikan semua itu," sambungnya.

Proses penggantian nama Facebook menjadi Meta dimulai langsung oleh Zuckerberg enam bulan yang lalu. Proyek ini sangat rahasia sampai-sampai karyawan Facebook yang terlibat harus menandatangani non-disclosure agreement terpisah.

Nama Meta sendiri dipilih untuk melambangkan visi perusahaan yang akan fokus membangun dunia metaverse. Sebelumnya, Zuckerberg pernah mengatakan bahwa metaverse akan menjadi masa depan internet dan perusahaannya.

Perubahan nama Facebook menjadi Meta juga diumumkan saat perusahaan sedang diterpa krisis akibat bocornya dokumen internal perusahaan yang disediakan ke sejumlah media oleh mantan karyawan bernama Frances Heugen.

Bagi banyak pihak yang mengkritisi, pergantian nama ini seolah dilakukan untuk menjauhkan nama perusahaan dan Zuckerberg dari nama Facebook, dan mengalihkan perhatian publik dari masalah perusahaan. Tapi menurut Zuckerberg, deretan kabar buruk yang menerpa Facebook tidak mempengaruhi pengumuman nama baru mereka.

"Walaupun saya rasa orang-orang akan menyambungkanya dengan hal itu, saya pikir itu hal yang konyol. Bahkan, saya rasa ini bukan lingkungan yang tepat jika kalian ingin mengenalkan merek baru," ujar Zuckerberg.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)