3 Aplikasi Keren Buatan Siswa SMK Hasil Berguru Coding ke Samsung

3 Aplikasi Keren Buatan Siswa SMK Hasil Berguru Coding ke Samsung

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 29 Okt 2021 22:12 WIB
Siswa SMK Bikin Aplikasi Usai Berguru Coding ke Samsung
3 Aplikasi Keren Buatan Siswa SMK Hasil Berguru Coding ke Samsung (Foto: Samsung)
Jakarta -

Industri 4.0 butuh banyak talenta digital. 396 Siswa dan 27 guru belajar coding dan web programming ke Samsung. Hasilnya adalah aneka aplikasi keren.

Samsung Electronics Indonesia menggelar Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 2 - 2020/2021 dengan menampilkan proyek-proyek terbaik dari siswa-siswa SMK. Dalam rilis Samsung kepada detikINET, Jumat (29/10/2021) SIC merupakan inisiatif Samsung untuk memberikan keahlian digital kepada generasi muda.

"SIC 2021 menekankan materi pelatihan pada pengembangan website sebagai platform dasar untuk informasi produk atau layanan," kata Risman Adnan M, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto menyampaikan pihaknya menggandeng dunia kerja dengan prinsip link and match. Wikan berharap program SIC dapat menguatkan softskill, hardskill, dan karakter siswa SMK sedini mungkin.

Pelatihan dalam program SIC Batch 2 - 2020/2021 ini meliputi Design Thinking, Web Design (UX), dasar-dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, Javascript, serta kemudahan akses networking komunitas belajar lintas sekolah bersama para mentor yang ahli dibidangnya. Terdapat 27 orang guru sebagai penerima manfaat pertama dari materi SIC.

Program ini juga memilih 396 siswa dari 13 SMK dari seluruh Indonesia yang dapat mengikuti tahap pelatihan awal dalam bidang product development, web design dan coding dan web development. Pada acara puncak, para finalis menghasilkan project atau produk yang mampu menjadi solusi digital. Inilah ketiga juaranya:

  • Juara pertama: SMK Negeri 1 Geger Madiun - aplikasi Study Tools untuk praktikum online
  • Juara kedua: SMK Negeri 1 Cimahi - aplikasi Eyeroom untuk tunanetra dan lansia
  • Juara ketiga: SMK Negeri 1 Cimahi - aplikasi SmartGen untuk konseling kesehatan mental

SIC 2021 juga memberikan beasiswa program Job Readiness kepada tim finalis. Para finalis akan menjalankan Full-stack Web Development Bootcamp dan Career Preparation untuk menyiapkan mereka menjadi talenta digital siap kerja bersama di salah satu dari 150 partner Skilvul.



Simak Video "PUPR Peringati Hari Air Sedunia dengan Lomba Karya Ilmiah Tingkat Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)