Jack Ma Berkunjung ke Belanda, Ada Apa?

Jack Ma Berkunjung ke Belanda, Ada Apa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 27 Okt 2021 13:03 WIB
Jack Ma
Jack Ma. Foto: Alibaba
Belanda -

Jack Ma sedang berada di Eropa. Setelah berkunjung ke Spanyol, pendiri Alibaba itu menyambangi Negara Belanda. Apa tujuannya ke sana?

Dilaporkan oleh media Hong Kong yang juga milik Alibaba, South China Morning Post, Jack Ma di Belanda rupanya mengunjungi institusi riset yang bergerak di bidang teknologi pertanian. Di Spanyol, Jack Ma juga menyempatkan diri melakukan hal yang sama.

Seperti diberitakan, di Spanyol Jack Ma menggunakan kapal pesiar mewahnya yang dinamakan Zen. Dia terpergok berada di Pulau Mallorca. Ini adalah pertama kalinya Jack Ma berada di luar negeri semenjak seakan menghilang setelah mengkritik sistem keuangan pemerintah China.

SCMP mempublikasikan beberapa foto Jack Ma di Belanda. Ia antara lain terlihat mengenakan pakaian pelindung berwarna putih dan memegang pot. Di foto ketiga, Jack Ma mengenakan jeans dan hoodie sambil mengamati teknologi alumunium buatan BOAL Systems.

Menurut sumber terpercaya, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (27/10/2021) Jack Ma akan meneruskan turnya ke Eropa dengan mengunjungi institusi riset yang lain, yang mengembangkan teknologi terkait pertanian dan tanaman.

Apa sebenarnya misi Jack Ma dengan melakukan hal tersebut? Kabarnya, dia ingin memadukan teknologi cloud computing, big data, serta artificial intelligence milik Alibaba untuk membantu modernisasi pertanian China.

Pada awal September, Jack Ma juga terlihat mengunjungi kawasan pertanian di Provinsi Zhejiang, yang merupakan markas Alibaba dan Ant Group.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa pemerintah China tidak menahan Jack Ma atau melarangnya ke luar negeri, melainkan agar dia tidak tampil di hadapan publik terang-terangan.

Oktober 2020 setahun lalu, Jack Ma berpidato yang mengkritik sistem keuangan China. Sejak itulah, bisa dikatakan dia hilang secara misterius tanpa kejelasan yang memadai di mana lokasinya dan bagaimana keadaannya. Ia hanya beberapa kali muncul, kebanyakan di dunia maya. Kini sudah ada titik cerah tentang nasibnya.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)