Menpora Di-smash Netizen Indonesia Karena Bendera Merah Putih

Menpora Di-smash Netizen Indonesia Karena Bendera Merah Putih

Tim - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 11:02 WIB
Bendera PBSI, Piala Thomas 2020,
Menpora Di-smash Netizen Indonesia karena Bendera Merah Putih (Foto: Badminton Photo)
Jakarta -

Kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 kurang sempurna tanpa Bendera Merah Putih. Menpora jadi sasaran kemarahan masyarakat Indonesia di Twitter.

Gelar ke-14 Indonesia di Piala Thomas didapat usai mengalahkan China pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Minggu (17/10/2021) malam WIB. Indonesia tampil perkasa membungkam China 3-0 lewat Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Jonatan Christie.

Namun sayang, tidak ada Bendera Merah Putih yang berkibar di penyerahan trofi juara. Seperti diketahui, Indonesia dilarang mengibarkan bendera negara selain komite dan juga memakai nama tersebut di ajang olahraga internasional, selama masa penangguhan setahun.

Sebabnya, Indonesia dihukum Badan Antidoping Dunia (WADA) karena lalai menerapkan tes doping. Indonesia pun harus naik podium pertama dengan iringan bendera PBSI.

Akibatnya, netizen Indonesia marah, kesal dan kecewa kepada Kemenpora. Dipantau detikINET, Senin (18/10/2021) Menpora menjadi trending topic Twitter dengan 11 ribu tweet.

Isinya adalah kritik, ungkapan kecewa dan kekesalan masyarakat terhadap Menpora Zainudin Amali. Menpora sendiri sudah memberikan klarifikasi. Dia mengklaim WADA sudah memahami kondisi olahraga Indonesia yang terhenti akibat pandemi sehingga tidak bisa memenuhi uji sampel.

Meski ada klaim begitu dari Menpora, melihat Bendera Merah Putih tidak bisa berkibar, sakit rasanya hati netizen. Inilah beberapa ungkapan kecewa masyarakat yang tumpah ruah di Twitter:

"Kasihan para pahlawan & pejuang kita yg rela berkorban utk Sang Saka Merah Putih berkibar, sekarang di korban kan oleh Menpora @KEMENPORA_RI tidak berkibar di dunia internasional," keluh @gun70***.

"Menpora yang sekarang jga ga berperan sama sekali kok di thomas cup. Sama atlet sendiri aja gak kenal hehe," kata @ardi***.

"Ga aneh kalo masalah doping kemarin ga diurus. Heran menpora tapi ga tau atlit yang lagi berjuang bawa nama Indonesia," kritik @cklt***.

"Menpora harus diganti atau mundur, akibat kesalahannya kita dibuat malu. Bagaimana bisa merah putih tdk berkibar di saat para atlet berjuang mati-matian demi merah putih berkibar, #pecatmenpora," kata @pairu*** yang kesal.

"Jangan-jangan pak menpora juga ga tau nih klo indonesia udah juara thomas 14 kali? Aduaduaduaduhhh," kata @uncha***.

"Menpora harusnya bisa antisipasi, kecuali dia ga sangka bisa menang. Gw speechless deh. Menurut gw yg seharusnya jadi menpora itu ya mantan atlet, susi susanti, alan budi kusuma, kurniwan dwi yulianto, richard sambera, nah boleh deh tuh, pokoknya mantan atlet," demikian saran dari @leehan***.



Simak Video "Cari Talenta Atlet, Menpora Akan Bikin 10 Sentra Pemusatan Latihan di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)