Tokopedia Jadi e-Commerce Favorit Konsumen RI untuk Beli Produk Lokal

Tokopedia Jadi e-Commerce Favorit Konsumen RI untuk Beli Produk Lokal

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 15 Okt 2021 18:56 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Berdasarkan survei terbaru dari MarkPlus, Tokopedia dinilai masyarakat sebagai e-commerce terfavorit untuk mendapatkan produk-produk dari UMKM lokal. Adapun kategori produk lokal yang paling banyak dicari di e-commerce seperti Tokopedia adalah fesyen.

Kehadiran e-commerce seperti Tokopedia dianggap sangat membantu keberlangsungan bisnis UMKM. Inisiatif yang dikucurkan e-commerce, seperti gratis ongkir dan diskon harga merangsang minat beli masyarakat terhadap produk UMKM

Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus Rhesa Dwi Prabowo mengatakan saat ini produk lokal semakin diminati masyarakat Indonesia. Menurut Rhesa, konsumen sudah memahami produk lokal memiliki kualitas yang sama baiknya dengan brand luar negeri.

"Sekarang mindset orang Indonesia sudah tidak lagi malu menggunakan produk Indonesia, mungkin kalau dulu harus branded luar negeri. Padahal secara kualitas pun tidak kalah, bahkan lebih bagus, dengan harga yang lebih affordable dan brand-nya pun dikemas dengan lebih fun dan relevan dengan masyarakat," ungkap Rhesa dikutip dari Antara, Jumat (15/10/2021).

Selain itu, Rhesa menilai e-commerce berhasil meyakinkan masyarakat mengenai keamanan dan kenyamanan berbelanja online, seperti jaminan orisinalitas produk yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal itu membuat penggunaan e-commerce kian meningkat.

"Literasi digital yang sudah sangat masif itu membuat industri e-commerce naik signifikan berkali-kali lipat," sebut Rhesa.

Survei MarkPlus mengungkap produk yang paling banyak dibeli konsumen via e-commerce adalah fesyen. Dari 500 responden yang disurvei, 63,8% di antaranya mengatakan membeli produk fesyen via e-commerce. Produk lainnya yang menjadi favorit, yakni makanan dan minuman sebanyak 49,4%, produk rumah tangga 48,2%, produk mainan dan hobi 40,6%, dan produk ibu dan bayi 36,2%.

Mengenai e-commerce yang paling disukai untuk berbelanja produk lokal, 51% responden memilih Tokopedia. Kehadiran e-commerce seperti Tokopedia dianggap sangat membantu masyarakat untuk berbelanja produk lokal.



Simak Video "Tokopedia Dinobatkan Sebagai E-Commerce dengan Tampilan Terbaik"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)