Begini Penerapan Teknologi 3D Printing di Dunia Kesehatan

Begini Penerapan Teknologi 3D Printing di Dunia Kesehatan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 10 Okt 2021 15:25 WIB
3D Printing Aryaguna Technology
Foto: Dok. Aryaguna Technology
Jakarta -

Teknologi 3D printing bisa diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya di dunia kesehatan.

Adalah rumah sakit Mandaya yang bekerja sama dengan Aryaguna Technology untuk menggunakan teknologi software E3D, yang berfungsi untuk membuat prototipe memakai 3D print.

Penerapan 3D printing ini bisa dipakai untuk memberi gambaran secara jelas dan mendetail dengan objek visual yang sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya, sehingga dapat memudahkan proses komunikasi antara praktisi medis dengan pasien.

"Teknologi yang kami kembangkan memudahkan pemberian informasi dari dokter kepada pasien dengan lebih detail dan real. Dokter pun dapat mempersiapkan pre-surgery planning dengan lebih matang dan presisi," kata CEO Aryaguna Technology Samuel Theodorus, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Kemudahan dalam berkomunikasi tersebut dipercaya mampu memberi rasa aman yang lebih kepada pasien ketika hendak menjalani berbagai proses medis yang biasanya terdengar cukup menyeramkan dan menjadi hal yang aman untuk dijalani.

Tidak hanya dari sisi pasien, teknologi E3D memberikan berbagai kemudahan serta rasa aman bagi para praktisi kesehatan sendiri. Mampu melihat dengan jelas serta mendetail berbagai permasalahan yang akan dihadapi sebelum melakukan tindakan, tentunya dapat membantu para praktisi melakukan perencanaan yang lebih matang dan tepat sasaran sehingga mampu memperkecil resiko kegagalan dalam pelaksanaan tindakan medis.

"Saya merasa lebih percaya diri dalam melakukan operasi yang sudah terlebih dahulu saya rencanakan dengan 3D Printing sebelumnya. Tahapan operasi akan berjalan lebih cepat dan persiapannya akan lebih lengkap sehingga menghindari hal-hal yang tak terduga sebelumnya," ungkap dr. Patar Parmonangan Sp.OT salah satu Dokter Ortopedi di RS Mandaya.

"Dengan 3D Printing kita bisa menciptakan berbagai macam kelainan yang kita kehendaki, sehingga kita bisa berlatih berbagai macam skenario operasi yang diharapkan dan bisa meningkatkan kemampuan dokternya bila menghadapi kondisi yang sama secara riil," tambahnya.



Simak Video "Langkah Pemerintah Hadapi Skenario Terburuk Pandemi Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)