Bos Apple Tak Rela iPhone Cuma Dipakai Buka Medsos

Bos Apple Tak Rela iPhone Cuma Dipakai Buka Medsos

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 08 Okt 2021 08:26 WIB
Tim Cook
Bos Apple Tidak Ingin iPhone Dipakai Hanya untuk Buka Medsos Foto: Reuters
Jakarta -

CEO Apple Tim Cook rupanya khawatir dengan tren scrolling media sosial tanpa henti yang sering dilakukan pengguna internet. Ia bahkan tidak ingin iPhone digunakan hanya untuk membuka medsos.

Hal ini diungkapkan Cook dalam wawancara dengan Bustle. Saat berbicara tentang kecanduan online dan teknologi, Cook mengatakan harusnya teknologi yang melayani manusia dan bukan sebaliknya.

Pria berkacamata ini mengaku khawatir melihat orang-orang terlalu sering menggunakan ponsel, dan karena itu Apple ingin membantu pengguna untuk mengurangi screen time-nya.

"Dan saya selalu khawatir tentang orang-orang yang terlalu sering menggunakan teknologi," kata Cook, seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (7/10/2021).

"Jadi, kami menghadirkan Screen Time untuk mencoba memberikan orang-orang angka yang benar tentang jumlah waktu yang mereka habiskan di perangkat mereka karena umumnya, itu jauh lebih banyak daripada yang mereka katakan," sambungnya.

Cook juga menyinggung hubungan antara media sosial dan kesehatan mental. Ia mengatakan scrolling media sosial secara terus menerus bisa membawa pikiran negatif ke pengguna.

"Kami ingin orang-orang melakukan sesuatu dengan perangkat mereka, seperti pameran fotografi yang kita nikmati, atau terhubung dengan keluarga dan teman dengan FaceTime. Bukan scrolling terus-terusan tanpa henti," kata Cook.

Saat ini hampir semua media sosial hadir dengan fitur infinite scrolling yang memungkinkan pengguna untuk melihat konten tanpa henti. Penemu infinite scrolling, Aza Raskin, bahkan pernah meminta maaf atas ciptaannya karena justru digunakan oleh media sosial untuk menjaga penggunanya agar selalu online.

Dalam wawancara itu Cook juga mengatakan bahwa saat ini sedang ada krisis kesehatan mental. Pria berusia 60 tahun ini mengatakan saat dipusingkan dengan pekerjaannya sebagai bos Apple, ia berusaha menenangkan diri dengan meditasi dan berada dekat dengan alam.

Cook juga mempromosikan Shine, aplikasi yang dirancang untuk melawan stigma tentang masalah kesehatan mental. Ia mengatakan Shine merupakan contoh bagaimana teknologi bisa membantu meningkatkan kualitas kehidupan manusia.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)