Pengakuan Mengejutkan Zuckerberg Soal WhatsApp-Facebook Down

Pengakuan Mengejutkan Zuckerberg Soal WhatsApp-Facebook Down

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 06 Okt 2021 11:12 WIB
Jakarta -

Gangguan yang terjadi kemarin -- dan juga sempat terjadi beberapa saat pada hari ini -- yang menimpa WhatsApp, Facebook dan Instagram memang masif, berlangsung sampai 6 jam bahkan lebih. Setelah meminta maaf, Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook memberi pengakuan cukup mengejutkan.

Ia menyatakan bahwa gangguan ini adalah yang paling buruk yang dialami perusahaannya selama bertahun-tahun. Zuck pun berjanji akan berusaha mencegah agar kejadian buruk serupa tak terjadi lagi di masa mendatang.

"Gangguan di semua layanan kami kemarin adalah yang terburuk dalam beberapa tahun. Kami menghabiskan 24 jam untuk berdiskusi bagaimana kami bisa memperkuat sistem kami untuk menghadapi kegagalan semacam ini. Hal ini juga menjadi pengingat betapa besar arti pekerjaan bagi orang-orang," tulis Zuck.

Mengenai penyebabnya, Vice President of Engineering and Infrastructure Facebook Santosh Janardhan dalam blognya mengatakan tumbangnya ketiga layanan itu disebabkan oleh perubahan konfigurasi di router backbone. Tapi Janardhan tidak memberikan penjelasan yang lebih detail.

"Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini," kata Janardhan dalam blognya.

Menurut CNBC, memang skala gangguan yang terjadi kemarin sangat besar. Jangka waktu gangguan yang selama 6 jam bahkan lebih adalah yang paling parah sejak tahun 2008.

Pada tahun itu, sebuah bug menumbangkan layanan Facebook dan membuatnya offline selama sekitar sehari dan berdampak pada penggunanya yang sebanyak 80 juta saat itu. Sedangkan pada saat ini, jumlah pengguna Facebook sudah tembus sekitar 3 miliar. Mark Zuckerberg pun terpaksa meminta maaf.

(fyk/fay)