Google Kebanjiran Pertanyaan Facebook, WhatsApp, Instagram Tumbang

Google Kebanjiran Pertanyaan Facebook, WhatsApp, Instagram Tumbang

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 13:12 WIB
Jakarta -

Tumbangnya layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram membuat Google kebanjiran pertanyaan dari netizen di seluruh dunia. Semua bertanya masalah yang sama, kenapa mereka tidak bisa memakai aplikasi favorit mereka? Semua mendadak heboh dan seperti panik.

Google Trends dari sejak Selasa (5/10/2021) dini hari sampai siang hari ini dipenuhi dengan aneka pencarian soal lumpuhnya layanan aplikasi milik Mark Zuckerberg ini. Tumbangnya layanan mereka berdampak pada jutaan pengguna di berbagai negara.

Mereka bertanya antara lain soal WhatsApp, Instagram, Facebook, Masuk Facebook. GB WhatsApp APK juga jadi trending karena banyak yang ingin mengunduhnya dengan harapan bisa segera memakai WhatsApp lagi. Padahal memakai mod WhatsApp ini ada risiko kena blokir.

Banyak yang menduga ini masalah jaringan operator seluler. Itu sebabnya ada juga pencarian soal Telkomsel, Telkom, Test, Internet, Jaringan, Indosat, Indihome.

Selain itu, DownDetector juga jadi kata yang banyak dicari netizen. Ini adalah situs langganan yang dituju jika ada layanan aplikasi yang tumbang di dunia.

WhatsApp, Instagram, dan Facebook mulai pulih setelah sempat tumbang selama lebih dari enam jam. Facebook kini mengungkap penyebab gangguan yang mempengaruhi miliaran penggunanya itu.

Vice President of Engineering and Infrastructure Facebook Santosh Janardhan dalam blognya mengatakan tumbangnya ketiga layanan itu disebabkan oleh perubahan konfigurasi di router backbone. Tapi Janardhan tidak memberikan penjelasan yang lebih detail.

"Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini," kata Janardhan dalam blognya, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (5/10).

(fay/fyk)