KodingNext Bikin Sekolah Virtual di Roblox

KodingNext Bikin Sekolah Virtual di Roblox

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 03 Okt 2021 16:45 WIB
Developing programmer Development Website design and coding technologies working at home
Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/SARINYAPINNGAM
Jakarta -

KodingNext, sekolah teknologi dan pemrograman anak, meluncurkan 'dunia gaming virtual bernama 'Koding Next: The Game', di platform Roblox.

Roblox merupakan platform permainan dimana semua pengguna bisa merancang sistem game terbaru untuk dimainkan oleh siapa saja. Sebagai sekolah pertama di Indonesia yang meluncurkan permainan edukatif di Roblox, KodingNext bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan keakraban antarmurid yang selama ini dibatasi oleh pandemi.

Hanya dengan memiliki akun Roblox dan memasukkan link Koding Next: The Game, para murid bisa "bertemu" secara virtual dengan teman-teman sekelasnya, guru, serta bisa berkenalan dengan teman baru sambil belajar bahasa pemrograman.

Layout permainan yang telah dibangun di Roblox merupakan replika sepenuhnya dari kantor pusat KodingNext yang terletak di Kemayoran, Jakarta. Karena murid-murid belum bisa kembali ke lingkungan pendidikan yang seru dan menyenangkan, KodingNext memutuskan untuk membawa lingkungan tersebut ke dunia maya.

Murid bisa memasuki ruangan-ruangan yang ada di "kantor pusat virtual" KodingNext di Roblox, dan mereka akan menemukan pintu atau akses rahasia, dimana mereka bisa menyelesaikan tantangan-tantangan yang ada.

Seperti permainan berbasis kerjasama tim lainnya, mereka juga harus berkoordinasi dengan rekan satu tim melalui chat untuk bisa menghadapi tantangan tersebut bersama-sama. Ini merupakan cara KodingNext untuk membuat sesi belajar pemrograman lebih seru, interaktif, dan menyenangkan di tengah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sejauh ini, telah ada lebih dari 1.500 pemain yang berpartisipasi dalam dunia virtual ini.

"Kami di KodingNext selalu berupaya untuk mengikuti dan beradaptasi dengan tren-tren terbaru di sektor pendidikan, pemrograman, gaming, bisnis, dan industri lain yang relevan, agar bisa terus mencetuskan ide-ide baru yang inovatif di pasar ini," ujar Bartek Wasik, Co-Founder KodingNext, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Tidak hanya menjadi sekolah pertama di Indonesia yang memaparkan materi pembelajaran via game Roblox, KodingNext juga menjadi sekolah pertama yang terafiliasi resmi dengan Roblox. Dengan popularitas Roblox yang dimainkan oleh 2,1 juta pengguna setiap harinya, metode pembelajaran Roblox Studio kami menjadi program yang paling laris di KodingNext," tambahnya.

Sejak didirikan pada tahun 2016, KodingNext telah menawarkan materi pemrograman dan coding untuk anak-anak dan remaja berusia 4-16 tahun, seperti pengembangan game Roblox, Situs Web, 2D dan 3D, hingga pembuatan aplikasi seluler.

Selama kurang lebih lima tahun beroperasi, KodingNext punya 10 ribu program kursus yang terjual, dan lebih dari 2000 murid. Dalam 1,5 tahun terakhir, KodingNext semakin gencar berekspansi dan menjangkau ribuan murid dari Sumatra hingga Papua, dan bahkan mencapai pasar luar negeri.

"Di tahun 2022, kami berencana untuk menghadirkan lebih banyak program kursus yang menarik, seperti di bidang kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan pengembangan mobil tanpa awal. Kami juga berupaya untuk bisa memperbanyak jumlah sekolah di seluruh Indonesia, serta bekerja sama dengan jajaran sekolah ternama di Amerika Serikat, untuk menawarkan program pembelajaran berbasis STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika)," tutup Bartek.



Simak Video "Game PlayStation Lagi Ada Diskon Sampai 75 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)