Banggapakai.id, Situs Jualan Website Domain Lokal

Banggapakai.id, Situs Jualan Website Domain Lokal

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 19 Sep 2021 15:31 WIB
Businesswoman Checking E-mail Online on Laptop
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Untuk mempermudah dan menggenjot penggunaan domain lokal .id, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menghadirkan banggapakai.id, sebuah situs penjualan website.

Di banggapakai.id tidak hanya menjual website, tetapi juga nama domain .id dan juga email. Situs tersebut merupakan layanan yang dikelola bersama antara Pandi, registrar (mitra), dan registran (pengguna).

"Pandi dan Registrar bekerja sama membuat satu layanan bersama dalam bentuk sebuah website banggapakai.id. Situs tersebut fokus pada penjualan website, nama domain .id dan email. Tiga poin inilah yang akan kami tawarkan sehingga user bisa memiliki identitas digitalnya di internet," tutur Deputi Bidang Pengembangan Usaha Pandi, Gunawan Tyas Jatmiko, dalam siaran persnya, Minggu (19/9/2021).

Gunawan menjelaskan di banggapakai.id mengakomodir banyak hal untuk mempermudah pembuatan website. Situs pun diandalkan mampu membuka ruang bagi masyarakat bersama-sama berkarya, dan membangun personal branding juga bisnis dengan mudah.

"Kami berharap masyarakat bisa merasakan kemudahan dalam layanan yang kami tawarkan, karena kami ingin masyarakat Indonesia bisa mempunyai identitas digitalnya sendiri agar bisa memudahkan mereka dalam menghadapi era digital seperti sekarang," tutur Gunawan.

Dari sisi harga, Gunawan mengklaim sangat terjangkau dan bersaing dengan yang lainnya. Terlebih proses pembeliannya (journey) sangat mudah.

Ia berharap dengan adanya layanan situs penjualan ini, bisa meningkatkan penjualan domain .id, sehingga menambah jumlah pengguna .id baik di dalam dan luar negeri.

Diketahui, per 31 Juli 2021 jumlah pengguna sebanyak 534.876, data tersebut melampaui pengguna domain .vn yang punya 531.672.

Dari 13 jenis domain .id yang dikelola Pandi, peringkat domain terbanyak masih dipegang oleh domain .id dengan raihan 205.846, kemudian my.id di posisi kedua dengan 119.738 dan terakhir co.id dengan 110.335.



Simak Video "Pemprov DKI Luncurkan Website Seputar Corona, Penasaran Apa Isinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)