Momen Hari Pelanggan, Jenius Ajak Digital Savvy Jaga Data Pribadi

Momen Hari Pelanggan, Jenius Ajak Digital Savvy Jaga Data Pribadi

Eqqi Syahputra - detikInet
Senin, 13 Sep 2021 23:11 WIB
Jenius
Foto: Jenius
Jakarta -

Adanya pandemi tentu meningkatkan aktivitas digital. Digitalisasi dalam hal keuangan tak luput dari yang dinamakan dengan cybercrime, termasuk fraud.

Dalam dunia keuangan, kasus fraud sering terjadi dengan modus social engineering saat nasabah teperdaya memberikan data pribadi yang bersifat rahasia hingga kode OTP (one-time password) kepada orang lain hingga disalahgunakan.

Maka dari itu, edukasi mengenai keamanan perbankan dan menjaga data pribadi menjadi penting agar pengguna waspada terhadap kejahatan siber.

Pada Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September, Jenius ingin mengucapkan terima kasih kepada para nasabah yang memilih untuk berkembang bersama Jenius.

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengungkapkan bahwa Hari Pelanggan Nasional juga dijadikan Jenius sebagai momen untuk mengapresiasi para nasabah yang telah menjadi motivasi Jenius untuk berkembang hingga saat ini.

"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada Jenius. Kepercayaan serta dukungan ini mendorong kami untuk terus berkokreasi, berkolaborasi, dan tumbuh bersama dalam menghadirkan solusi life finance yang dapat membantu teman-teman dalam mengelola kehidupan dan keuangan dengan lebih baik. Pada momen ini, kami juga meluncurkan kolaborasi edukasi kampanye #DatamuRahasiamu untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait keamanan perbankan dan bagaimana menjaga data pribadi," ujar Irwan dalam keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Jenius selalu memprioritaskan keamanan dengan menggunakan sistem keamanan berlapis dan teknologi terkini. Jenius menambah keamanan yaitu dengan menutup akses log in melalui website atau situs dan mengalihkan proses unlink device menjadi melalui contact center untuk meminimalisasi risiko terjadinya upaya rekayasa sosial oleh pelaku tindak kejahatan siber. Walaupun harus mengorbankan sedikit ketidaknyamanan, langkah ini dilakukan guna memperkecil risiko kejahatan siber social engineering.

Jenius juga telah menerapkan kebijakan satu perangkat untuk melindungi akun Jenius nasabah, sehingga pemilik akun Jenius hanya bisa mengakses dan bertransaksi menggunakan akunnya lewat satu perangkat yang telah terverifikasi saja.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan, sebagian besar kasus kehilangan dana di Jenius terjadi setelah nasabah memberikan data-data pribadi yang seharusnya tidak dibagikan kepada siapa pun, seperti password ataupun kode OTP-6 digit angka rahasia yang dikirimkan melalui SMS.

Kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu juga menjadi bentuk sosialisasi dan upaya dari Jenius untuk mengajak para nasabah menjaga keamanan data pribadi mereka, serta membagikan edukasi kepada nasabah terkait perkembangan cybercrime agar bisa diantisipasi.

Untuk informasi resmi lebih lanjut mengenai Jenius, pengguna dapat menghubungi akun media sosial resmi Jenius yang bercentang biru yaiu Twitter @jeniusconnect atau @jeniushelp, akun Instagram @jeniusconnect, e-mail ke jenius-help@btpn.com, atau contact center resmi Jenius:1500 365.

Untuk mengetahui edukasi dan informasi seputar keamanan perbankan, pengguna dapat mengunjungi laman https://www.jenius.com/pages/jeniusaman



Simak Video "Adaptasi Kebiasaan Baru, Jenius Rilis Fitur Pembayaran Nontunai"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)