Waduh! Pada Ketahuan Selingkuh di App 'PeduliLindungi' Versi Arab

Waduh! Pada Ketahuan Selingkuh di App 'PeduliLindungi' Versi Arab

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 10 Sep 2021 09:44 WIB
Couple having problems in relationship due to infidelity
Waduh! Banyak yang Ketahuan Selingkuh di App 'PeduliLindungi' Versi Arab. Foto: iStock
Jakarta -

Tawakkalna aplikasi punya Arab Saudi ternyata bukan cuma bisa membantu tracing COVID-19, tetapi juga membantu mengungkap perselingkuhan pasangan mereka. Waduh, kok bisa sih?

Mengutip Gulfnews, Jumat (10/9/2021) SM, seorang wanita Saudi (yang ingin ditulis dengan inisialnya) mengatakan dia terkejut melihat aplikasi Tawakkalna suaminya. Di sana ia mendapati jumlah penerbangan yang tercatat di log perjalanan internasionalnya, ke berbagai tujuan.

Ketika dia mencoba meminta penjelasan, sang suami berkilah kepadanya bahwa dia melakukannya untuk menghindari masalah.

Sesuai laporan media lokal, SM tidak mau memperpanjang masalah ini, tetapi ia mengatakan bahwa sebagian dari kepercayaan telah goyah. Akan tetapi, masalahnya tidak meningkat sehingga tidak mempengaruhi pernikahan sejauh ini.

Wanita Saudi lainnya dengan nama yang tidak diungkapkan, mengakui bahwa rasa ingin tahunya membuat ia bergerak mengecek smartphone suaminya. Dia pernah memintanya untuk melihat riwayat perjalanannya di aplikasi Tawakkalna, tetapi pasangannya menolak, yang menimbulkan kecurigaannya. Tapi dia belum mengetahui lebih jelas apakah pasangannya benar-benar selingkuh.

"Tapi aku belum benar-benar mengintip teleponnya, kalau-kalau aku akan menemukan urusan apa pun, apalagi dia sering bepergian, meskipun katanya masih di dalam negeri," katanya.

Namun, wanita Saudi ketiga, MM. mengaku tidak akan menggeledah ponsel suami untuk tujuan ini atau lainnya, karena beberapa dari masalah ini pada akhirnya dapat membuat hubungannya sampai ke pengadilan.

"Banyak pasangan yang selingkuh puas dengan hubungan mereka dan tidak bermaksud menghancurkan pernikahan mereka. Namun, mereka yang selingkuh lebih sering melakukannya dalam perjalanan bisnis. Karena, mereka percaya bahwa apa yang tidak diketahui pasangan mereka, tidak akan menyakiti mereka," pendapatnya.

Dikembangkan oleh Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA), aplikasi Tawakkalna pertama kali dibuat untuk mengeluarkan izin elektronik bagi pekerja pemerintah dan sektor swasta yang diperlukan untuk bepergian selama lockdown.

Saat ini, aplikasi ini menawarkan fungsi seperti pelacakan COVID-19, status kesehatan dan vaksin, dan juga dapat digunakan untuk perjalanan. Namun rupanya, beberapa pria Saudi bepergian tanpa sepengetahuan istrinya. Pergi kemana hayo?



Simak Video "Aplikasi Corona di Arab, Orang yang Terinfeksi Bisa Terdeteksi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)