3 Kunci Sukses Alodokter, dari Pengalaman Pribadi ke Solusi Kesehatan

3 Kunci Sukses Alodokter, dari Pengalaman Pribadi ke Solusi Kesehatan

Khoirul Anam - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 20:00 WIB
ShoppePay
Foto: ShopeePay
Jakarta -

Alodokter mengalami pertumbuhan di tengah pandemi COVID-19. Saat ini, Alodokter memiliki pengguna aktif bulanan mencapai lebih dari 30 juta, sementara pengguna Alodokter mengalami peningkatan 200% dalam dua tahun terakhir.

Co-Founder dan Direktur Alodokter, Suci Arumsari, mengatakan pertumbuhan bisnis Alodokter diiringi dengan berbagai strategi yang fokus pada kebutuhan pengguna, seperti inovasi teknologi, layanan, serta program yang diminati masyarakat.

"Untuk itu, Alodokter menyediakan beragam fitur yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam hal solusi kesehatan dari hulu ke hilir, mulai dari konsultasi dengan dokter, proteksi kesehatan, hingga pembelian obat dan produk kesehatan terpercaya yang tentunya sangat dibutuhkan di masa pandemi ini," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9/2021).

Suci mengatakan pertumbuhan positif Alodokter terangkum dalam tiga strategi kunci yang mengedepankan nilai customer-centric.

Solusi Kesehatan yang Praktis

Perjalanan Alodokter bermula dari kisah Suci Arumsari yang sempat didiagnosis penyakit langka pada bagian tulang belakang. Keterbatasan pergerakan dan minimnya informasi akurat di internet membuat Suci sempat frustasi untuk menemukan solusi dari masalah itu.

Berangkat dari pengalamannya, Suci termotivasi membuat inovasi agar tidak ada lagi masyarakat yang mengalami kesulitan serupa. Suci mendirikan Alodokter sejak 2014 sebagai solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan medis dengan harga yang terjangkau.

Saat ini, Alodokter telah bekerja sama dengan lebih dari 43.000 dokter dan 1.500 rumah sakit serta klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Progresif dan Inovatif

Salah satu langkah yang dilakukan Alodokter untuk berkembang adalah dengan fokus pada kenyamanan pengguna. Sebagai telemedicine, Alodokter memperkuat ekosistem yang didukung oleh teknologi informasi dan inovasi artificial intelligence (AI).

Hal ini juga diterapkan pada konsep online to offline (O2O) yang mengintegrasikan fitur Alodokter dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan. Pasien dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter umum atau spesialis yang tersedia melalui fitur chat di dalam aplikasi.

Adapun jika diperlukan tindakan medis lebih lanjut, pasien dapat diarahkan membuat janji temu dokter untuk konsultasi offline di rumah sakit atau melakukan pengecekan di laboratorium fasilitas pelayanan kesehatan.

Kolaborasi

Kolaborasi merupakan strategi kunci Alodokter. Salah satunya adalah dengan ShopeePay sebagai layanan pembayaran digital untuk memudahkan proses transaksi pengguna.

Kerja sama itu menjadi langkah Alodokter untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna yang mengandalkan layanan pembayaran digital dalam bertransaksi.

"Di tengah situasi pandemi, Alodokter pastinya ingin masyarakat semakin merasakan kemudahan dalam menggunakan platform Alodokter. Berbekal semangat yang sama, kami menjalin kolaborasi dengan ShopeePay untuk memudahkan pasien dalam bertransaksi secara aman dan praktis," ungkap Suci.

"Terlebih lagi, keikutsertaan Alodokter dalam program promo 9.9 Super ShopeePay Deals kali ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan sembari menikmati pengalaman bertransaksi yang lebih menguntungkan," tutup Suci.

Alodokter turut berpartisipasi di kampanye tanggal cantik yang digelar oleh ShopeePay bertajuk 9.9 Super ShopeePay Deals. Dari 28 Agustus-8 September, pengguna Alodokter bisa menikmati promo Voucher Cashback 100% yang dapat dibeli seharga Rp 99 untuk setiap transaksi menggunakan ShopeePay. Sementara itu, pada puncak promo 9 hingga 12 September, pengguna Alodokter dapat menikmati Voucher Cashback 100% seharga Rp 1.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)