Menengok Kemungkinan Jet Li Diberangus Seperti Vicky Zhao

Menengok Kemungkinan Jet Li Diberangus Seperti Vicky Zhao

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 14:22 WIB
Penampilan Jet Li sebagai Wong Fei Hung di Once Upon a Time In China 2.
Jet Li dalam film Kungfu Master atau One Upon Time in China (Foto: Dok. Ist)
Beijing -

Jet Li tentu salah satu megabintang paling terkenal dari China. Namun bisa jadi ia akan menjadi salah satu incaran berikutnya oleh pemerintah China untuk diberangus akun maupun karya-karyanya dari internet, menyusul aktris cantik Vicky Zhao dan beberapa nama lainnya.

Jet Li lahir dengan nama Li Lianjie di Beijing pada 58 tahun yang lalu. Namun ia pindah kewarganegaraan Amerika Serikat pada tahun 2003, lalu pindah lagi menjadi warga negara Singapura sejak 2009.

Walaupun demikian, Jet Li masih cukup banyak berkiprah di China dan masih identik dengan negara asalnya. Nah, otoritas China kabarnya akan memberangus para selebritis yang memegang kewarganegaraan lain meskipun berasal dari China.

Sutradara Zhou Gougang berspekulasi Jet Li akan jadi sasaran berikutnya. "Cepat kabur. Bulan depan, rumahmu mungkin akan kolaps," katanya seperti dikutip detikINET dari Strait Times, Jumat (3/9/2021).

Diyakini bahwa China's National Radio and Television Administration akan memberlakukan pembatasan pada selebriti yang memegang kewarganegaraan luar. Selain Jet Li, beberapa seleb asal China punya kewarganegaraan lain, seperti Nicholas Tse di Kanada dan Will Pan di Amerika Serikat.

Salah satu poin razia pemerintah China pada seleb kabarnya memang persoalan patriotisme. Dari perspektif ideologi, Partai Komunis China ingin agar para seleb menjadi model untuk membantu mempromosikan nilai-nilai patriotisme dan cinta pemerintah.

Diberangusnya Vicky Zhao pun kemungkinan salah satu alasannya karena ia dinilai memuja Jepang, yang masih menjadi topik sensitif di China karena penjajahan di masa silam. Vicky pernah memicu kontroversi karena mengenakan kostum dengan bendera Jepang.

"Zhao memang pernah menunjukkan bahwa dia menyebut dirinya secara spiritual adalah orang Jepang, ketika dia mengenakan bendera militer Jepang," sebut seorang sumber di China. Bisa jadi Jet Li juga akan jadi sasaran pemberangusan online dengan alasan pindah warga negara. Namun sejauh ini, hal itu masih menjadi spekulasi.



Simak Video "Jet Li dan Sejumlah Artis Masuk Daftar Hitam Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)