Di PeduliLindungi Memang Bisa Cek Sertifikat Orang Lain

Di PeduliLindungi Memang Bisa Cek Sertifikat Orang Lain

Tim - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 11:54 WIB
Aplikasi PeduliLindungi di mal
Aplikasi PeduliLindungi (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Publik ramai dengan beredarnya gambar seperti sertifikat vaksinasi Presiden Jokowi. Tapi memang, di aplikasi PeduliLindungi pengguna bisa cek sertifikat orang lain.

"Aplikasi ini memungkinkan orang bisa minta tolong siapapun cek sertifikat dari aplikasi PeduliLingdungi," kata pakar media sosial dan founder Drone Emprit, Ismail Fahmi kepada detikINET, Jumat (3/9/2021).

Hal ini seperti penjelasan Ismail Fahmi dari tweetnya. "Siapapun yang sudah login di apps, bisa cek sertifikat siapapun selama tahu NIK, nama dan tanggal lahir," kata dia.

Menurut pendapat Ismail Fahmi, dia melihat ini sebagai sebuah fitur dari aplikasi PeduliLindungi. Dalam kondisi di lapangan terutama di pedesaan, banyak orang tidak punya HP atau email. Sehingga mereka meminta bantuan orang lain untuk mendownload sertifikat vaksinasi.

"Kalau disyaratkan email atau HP kan di desa susah. Makanya bisa minta tolong di-download ke orang lain. Spesifik terkait ini, mungkin adalah fitur untuk menjembatani digital device dengan syarat kita tahu datanya," kata Ismail Fahmi.

Ismail mengatakan Babinsa di pedesaan membantu proses entry data dan download sertifikat vaksinasi untuk masyarakat yang tidak punya ponsel. Hal senada disampaikan netizen mengomentari tweet Ismail Fahmi.

"Sepanjang kita tahu NIK-nya bisa kok cek sertifikat vaksinnya," kata @damar***.
"Saya sertifikat istri dan beberapa teman, saya yang download," kata @kunto***.

Tonton video 'Waduh! Sertifikat Vaksin Jokowi Tersebar di Media Sosial':

[Gambas:Video 20detik]



(fay/fyk)