Gaya Hidup Daring Jadi Sorotan Jokowi di Kala Pandemi

Gaya Hidup Daring Jadi Sorotan Jokowi di Kala Pandemi

Tim - detikInet
Senin, 16 Agu 2021 10:17 WIB
Presiden Jokowi
(Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Gaya hidup online adalah adaptasi terbaik masyarakat dalam menghadapi Pandemi COVID-19 di Indonesia yang sudah berlangsung hampir dua tahun lamanya. Presiden Joko Widodo mengatakan kebiasaan daring bisa jadi kunci membangun Indonesia saat momen penuh disrupsi di seluruh dunia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2021 di Jakarta, Senin (16/8/2021). Menurut dia, Pandemi COVID-19 memacu masyarakat mengembangkan cara dan normalitas baru.

"Bekerja dari rumah, belajar daring, pendidikan jarak jauh, serta rapat dan sidang secara daring telah menjadi kebiasaan baru yang dulu kita lakukan dengan ragu-ragu," kata Jokowi.

Bersama dengan itu, ada lagi kebiasaan masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian. Semua adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu.

"Pandemi COVID-19 telah memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan. Kita dipaksa untuk membangun normalitas baru dan melakukan hal-hal yang dianggap tabu selama ini," kata dia.

Jokowi mengatakan saat ini dunia penuh disrupsi. Namun keberanian mengkreasi cara baru bisa jadi fondasi untuk membangun Indonesia yang maju di masa depan, dengan mempercepat inovasi seperti misalnya gaya hidup online.

"Kita telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif. Adanya Pandemi COVID-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," pungkas Jokowi yang dalam pidato kali ini berbaju adat Sunda Badui.

Simak juga video 'Jokowi: Krisis, Resesi, Pandemi itu Seperti Api Namun menerangi!':

[Gambas:Video 20detik]



(fay/agt)